by

Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Dinkes Gelar Orientasi ANC Kepada 28 Pukesmas di Kabupaten Sambas

SAMBAS, Media Kalbar – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan bayi sehingga dapat menurunkan jumlah kematian ibu dan bayi. Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas menggelar orientasi ante natal care dan post natal care.

Ada 28 Puskesmas di wilayah Kabupaten Sambas yang diikuti kurang lebih 60 peserta dari seluruh Bidan koordinator puskesmas dan Bidan Desa di Kabupaten Sambas. Bertempatan di aula hotel pantura jaya Sambas, 22 Juni 2023

Diketahui bahwa Ante Natal Care atau ANC adalah Pelayanan antenatal yang merupakan pelayanan komprehensif dan berkualitas yang dilakukan secara terintegrasi dengan program pelayanan kesehatan lainnya.

Dalam sambutannya kepala Dinas Kesehatan dr Ganjar Eko Prabowo, MM menyampaikan bahwa masyarakat terutama ibu hamil perlu mendapatkan informasi tentang kehamilannya, persalinan dan nifas serta penanganan dan rujukan.

“Ibu hamil memerlukan persiapan yang matang untuk menghadapi proses kelahiran, kesehatan fisik, materi dan mentalnya supaya bisa menentukan tempat melahirkan dan mengambil keputusan tindakan pertolongan yang tepat.”ujarnya Kamis (22/6/2023)

dr Ganjar juga mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar ibu dan bayi mendapatkan pelayanan yang sesuai standart. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan bayi sehingga dapat menurunkan jumlah kematian ibu dan bayi.

“Kesehatan reproduksi adalah keadaan yang menunjukkan kondisi kesehatan fisik, mental, dan sosial seseorang dihubungkan dengan sistem, fungsi, dan proses reproduksinya, termasuk tidak adanya penyakit dan kelainan yang mempengaruhi kesehatan reproduksi tersebut.”jelasnya

Dirinya juga menjelaskan dalam lingkup kesehatan reproduksi, kesehatan ibu selama kehamilan, persalinan, dan nifas menjadi masalah utama kesehatan reproduksi perempuan.

“Setiap orang berhak untuk menentukan kehidupan reproduksinya dan bebas dari diskriminasi, paksaan, dan/atau kekerasan yang menghormati nilai-nilai luhur yang tidak merendahkan martabat sesuai dengan norma agama dan Upaya penurunan angka kematian ibu ,angka kematian bayi dan stunting terus dilakukan oleh pemerintah kabupaten sambas melalui Dinas Kesehatan,”jelasnya

dr Ganjar mengatakan salah satu nya kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu orientasi ante natal care dan post natal care. Ante Natal Care atau ANC adalah Pelayanan antenatal yang merupakan pelayanan komprehensif dan berkualitas yang dilakukan secara terintegrasi dengan program pelayanan kesehatan lainnya.

“Saat ini sesuai dengan peraturan menteri kesehatan no 21 tahun 2021 tentang “PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN MASA SEBELUM HAMIL, MASA HAMIL, PERSALINAN, DAN MASA SESUDAH MELAHIRKAN,PELAYANAN KONTRASEPSI, DAN PELAYANAN KESEHATAN SEKSUAL ” Post natal care atau yang biasa disingkat pnc merupakan pelayanan terintegrasi pada ibu dan bayi setelah lahir.”katanya

Tidak lupa lagi dr Ganjar juga mengucapkan terima kasihnya dan apresiasi yang tinggi kepada para tamu undangan, serta para hadirin karena telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk dapat hadir pada acara hari ini.

“Kepada Panitia Pelaksana saya sampaikan juga ucapan terima kasih atas kerja keras dan kerjasamanya yang baik sehingga acara ini dapat terselenggarakan.”ungkapnya (Rai)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed