by

TP. PKK Kabupaten Melawi Mengikuti Rakerda Ke-IX TP. PKK Provinsi Kalbar Secara Virtual

Melawi, Mediakalbarnews.com – Rapat Kerja Daerah Tim Pengerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Ke-IX Provinsi Kalimantan Barat Secara Virtual, dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Untuk menghindari kerumuman, Anggota TP. PKK Kabupaten Melawi mengikuti RAKER secara virtual dengan tempat atau lokasi yang berbeda – beda, zona di bagi sesuai dengan Kelompok Kerja ( POKJA ). Senin (22/6/21) lalu.

Ketua TP. PKK Kabupaten Melawi Ny. Raisya Sarbina Dadi menyampaikan bahwa TP. PKK Kabupaten Melawi telah mengikuti RAKERDA ke-IX yang di selenggarakan TP. PKK Provinsi Kalimantan Barat.

Rapat Kerja Daerah Provinsi Kalimantan Barat merupakan agenda rutin PKK yang dilaksanakan setiap 5 tahun, bertujuan untuk memperoleh persepsi dan pemahaman yang sama mengenai rencana program dan kegiatan nasional yang tersusun dalam rencana induk dan strategi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 tahun 2020.

Adapun guna implementasi berbagai program, TP. PKK menetapkan visi dan misi daerah yang merupakan hasil dari penjabaran visi, misi Presiden RI masa bhakti 2020–2024. Agenda prioritas PKK yang ditetapkan ada 4 (empat) yaitu : 1. Ketahanan Ekonomi. 2. Revolusi Mental. 3. Lingkungan Hidup dan 4. Memperkuat pelayanan Dasar seperti: kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya. Secara umum TP PKK berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia maju melalui gerakan nasional keluarga pelopor perubahan dengan sasaran strategis yaitu menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting serta memutus rantai penyebaran Covid-19.

” Tugas dan Program yang telah di paparkan saat dan sesuai hasil RAKERDA akan kita paparkan kembali di Rpat Kerja (RAKER) Kabupaten, yang nantinya kami laksanakan dengan menghadirkan TP. PKK Kecamatan dan Desa,” jelas Raisya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Melawi juga berharap selain bisa masuk dalam nominasi lomba-lomba PKK tingkat Provinsi tahun depan, peran perempuan juga dapat menjadi motor penggerak PKK yang ada di tingkat Kecamatan dan Desa.

” Tentu harapan saya sebagai ketua yang baru menginginkan kemajuan untuk Kabupaten Melawi,  terutama peran perempuan yang dapat menjadi motor penggerak setiap TP. PKK yang ada di tingkat Kecamatan dan Desa, agar kita dapat bersama-sama memajukan dan mensukseskan program hasil RAKERDA PKK Provinsi Kalimantan Barat, serta besar harapan kita juga kedepannya TP. PKK Kabupaten Melawi bisa masuk dalam nominasi lomba-lomba yang akan dilaksanakan ditingkat Provinsi nantinya,” tambahnya.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed