by

Wapres Resmikan Pabrik Khatulistiwa Global Food

PONTIANAK, Media Kalbar

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Prof. Dr. (HC) KH. Ma’aruf Amin didampingi Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. meresmikan Pabrik Khatulistiwa Global Food (PT. Seruni Abadi Jaya) di Jalan Budi Utomo, Pontianak Utara, Rabu (23/11/2022).

Ketua Pengurus Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Provinsi Kalbar, Sukiryanto mengatakan karena sebagai Organisasi Wilayah yang memberikan percontohan yaitu beberapa produk buah-buahan khas Kalimantan Barat yakni Rambutan, Cempedak, Langsat dan Jeruk.

“Jadi kita beli rambutan ke masyarakat itu bentuk yang sudah dibuang kulit dan dibuang bijinya dan mereka bisa jual kesini (Pabrik) kita bekukan, kemudian kita simpan di alat pendingin, itu bisa tahan satu tahun, paling tidak kalau tahan enam bulan, artinya kembali ke musim yang akan datang, jadi produksinya tidak putus. Begitu juga buah Cempedak, dan buah Langsat, ” jelasnya.

Dungkapkan Anggota DPD RI ini bahwa dari keempat jenis buah ini akan diproduksi menjadi ekstrak Tepung, Koktail, Manisan berbagai Jus.

“Harapan kita Pabrik ini kita buat dari masyarakat untuk masyarakat,” tutupnya.

Wakil Presiden Republik Indonesia tiba di Pontianak pada hari Selasa 22 November 2022 bersama Ibu Negara, Hj. Wury dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU. Usai meresmikan Pabrik Khatulistiwa Global Food, Wakil Presiden Republik Indonesia bersama rombongan bertolak menuju Pangkalan Udara TNI AU Supadio untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Purbalingga, Jawa Tengah.(adpim/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed