by

Warga Dusun Pinang A dan Pendamar Keluhkan Jalan Rusak Berlubang

Kubu Raya, Media Kalbar

Beginilah Kesulitan akses jalan Pemda di Dusun Pinang A sampai ke Dusun Pendamar Desa Sungai Deras Kabupaten Kubu Raya dikeluhkan warga dan sering terjatuh akibat jalan rusak, berlubang dan becek.

Ruas jalan di dusun Pinang A dan Dusun Pendamar banyak yang berlubang dan digenangi air sehingga menyebabkan warga sering terjatuh dan kesulitan akses saat beraktifitas ke tempat kerja maupun ke sekolah yang ada di sana.

Kondisi jalan berlubang di Dua Dusun tersebut sudah puluhan tahun dari tahun 2005 sampai tahun 2023 belum pernah mendapat perbaikan.

Salah satu penyebab kerusakan jalan tersebut akibat aktipitas armada angkutan Dua perusahaan Kelapa sawit yang tonasenya yang melebih kapasitas.sehingga jalan cepat rapuh.

“Rencana perbaikannya sudah pernah ada Beberapa tahun yang lalu akan dilakukan perbaikan jalan di Dua dusun tersebut namun alasan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di karenakan Covid ,”ujar Hermanto Kepala Dusun Pinang A Desa Sungai Deras,Senin (13/3/2023).

Sementara itu,ruas jalan yang becek berlubang dan dipenuhi genangan air juga menyulitkan warga melewatinya. “Pihak desa sudah mengajukan pembangunan jalan di sana setiap musrenbang,”Ujarnya.

Namun selama beberapa tahun belakangan ini, “belum ada juga tandan tanda realisasi pembangunannya. Masyarakat berharap jalan tersebut segera dibenahi bukan saja masyarakat Dusun Sungai Pinang tetapi termasuk warga kecamatan kubu,kampung Baru.Air Putih Teluk Pakedai Rintis kampung Madura.termasuk juga di situ.”Terangnya.

“Jadi kita inginkan untuk Pemerintah Khususnya tolong lah di perhatikan juga layaknya jalan jalan di perkampungan khususnya jalan Pemda agar betul betul di perhatikan dan layak agar aman untuk di lewati dan di gunakan masyarakat.”Tandasnya.

Semetara Kepala Desa Sungai Deras Syahrus Shiyam yang baru menjabat sebagai kepala Desa saat di temui di kantornya pada hari Senin(13/3/2023)dia mengatakan kondisi memang sangat memprihatinkan di tambah lagi curah hujan sehingga mengakibatkan jalan itu sangat rusak parah dan juga kami berharap berdasarkan dari masukan para masyarakat dan juga laporan dari pada Dusun dan RT setempat berkenaan jalan tersebut kiranya bisa menjadi perhatian khusus dari Pemerintah.

“Ditambah lagi di daerah tersebut ada Dua Perusahaan yang memang berdampingan yang bernama Perusahaan PT.Mark kemudian yang saat ini Perusahaan PT.Rezeki Kencana atau (RK) atau juga Jolong Grup. Mana CSR nya untuk bisa perbaiki jalan.”Ucapnya.

Harusnya Ini bisa menjadi salah satu perhatian Khusus dari Pemerintah Kabupaten untuk menindak lanjuti untuk memelihara atau pun merawat terkait masalah kondisi jalan yang memang kesehariannya itu di lalui armada armada yang bermuatan besar dari perusahaan itu sendiri.

“Karna kami juga dari Pemerintah desa sudah mengingatkan kepada masyarakat setempat apa bila ada armada armada yang memang muaranya itu Overlud atau pun melebihi dari kapasitas.” Tandasnya.

Untuk dilakukan teguran secara lisan bahwa berdasarkan aturan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya surat edaran yang dari Pak Bupati Muda mahendrawan itu Untuk melakukan perawatan dengan cara mencegah muatan muatan yang melewati kapasitas pada umumnya.”Pungkasnya.(Tim/MK.Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed