by

Yongky Karyadi Tan Kembali Pimpin AREBI Kalbar, Ingin Para Broker Bersatu

Pontianak, Media Kalbar

Yongky Karyadi Tan kembali terpilih menjadi Ketua DPD AREBI Provinsi Kalbar periode 2022-2025.

Terpilihnya Yongki pada Musda II Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Kalbar yang mengangkat tema “Kebersamaan Demi Kemajuan”, di Hotel Ibis Pontianak, Rabu ( 7/9)

“Kita akan terus bangun komunikasi, sinergi dengan REI, Pemerintah, semua pihak termasuk dengan Perbankan, Kadin, developer dan sebagainya.” Kata Yongky Karyadi Tan kepada awak media usai terpilih.

Yongky juga ingin kembangkam profesi broker menjadi profesi yang lebih baik. “Kita akan gandeng semua broker yang ada agar tidak berjalan sendiri-sendiri. Tetapi bergandengan bersama untuk lebih baik.” Ujarnya.

Sementara terkait komisi penjulan sesuai aturan pemerintah adalah 2-5 %, untuk sewa menyewa 5-10%, ini sejalan dengan regulasi pemerintah. “Bukan maunya kita.” Tandasnya.

Sebelumnya Ketua DPD Realestate Indonesia (REI) Provinsi Kalbar Muhammad Isnaini, mengatakan bahwa dirinya mendukung, mensuport, kegiatan MUSDA yang dilaksanakan AREBI.

“Sebagai Ketua REI, saya mendukung kegiatan ini Semoga musda AREBI ini sukses, sukses juga memilih ketua dan pengurus baru serta menyusun program-programnya.” katanya.

Isnaini berharap kedepannya REI bisa berdiskusi bersama AREBI untuk menjajaki kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan. Menurutnya memang selama ini ada kendala yang sering dirasakan terutama terkait bonus atau komisi.

Ditempat yang sama Ketua Panitia MUSDA II Heri Jap, menjelaskan bahwa tujuan Musda kedua ini untuk memilih ketua baru AREBI periode 2022-2025, dan juga untuk membuat program kerja serta membahas problem-problem yang terjadi di dunia broker, misalnya seperti adanya persaingan yang tidak sehat antar sesama broker.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa AREBI adalah organisasi non profit, yang merupakan asosiasi Real Estate Broker. AREBI ingin mendidik semua broker tradisional masuk bersama-sama menjadi broker profesional yang bersertifikasi, jadi sebagai anggota AREBI, broker harus lulus sertifikasi profesi. Kantor-kantor member broker untuk saat ini hanya ada di Kota Pontianak, sedangkan yang di kota lain belum bergabung dengan AREBI.

Saat ini ada 15 anggota AREBI dan ada 1 tambahan yang mau bergabung. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed