by

Bupati Melawi Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Melawi

Melawi, Mediakalbarnews.com – Dalam rangka menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Melawi menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Kantor Bupati Melawi, rabu (17/03/2021).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, dihadiri juga oleh Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen, Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat sekaligus sebagai Pejabat yang mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Kapolres Melawi, LO Kodim 1205/Sintang, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Melawi, Camat se-Kabupaten Melawi, tokoh masyarakat, dan Anggota DPRD Kabupaten Melawi melalui sambungan virtual.

Kepala Bappeda Kabupaten Melawi, Jaya Sutardi dalam laporannya mengatakan Musrenbang RKPD yang diselenggarakan tersebut merupakan salah satu tahapan yang penting dalam penyusunan RKPD Kabupaten Melawi tahun 2022 dimana pada kegiatan tersebut akan disepakati prioritas pembangunan dan program serta kegiatan prioritas daerah.

Selain itu, Jaya Sutardi juga mengatakan Musrenbang yang dilaksanakan merupakan proses penjaringan usulan program dan kegiatan yang telah diusulkan pada tahun 2020 yang telah dilaksanakan melalui beberapa tahapan mulai dari musrenbang desa, musrenbang kecamatan, forum gabungan perangkat daerah sampai musrenbang tingkat kabupaten sehingga diperoleh sinergitas yang lebih baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan musrenbang sebagai instrument dalam perencanaan dan penganggaran partisipatif agar dapat terwujud.

“Perencanaan pembangunan yang kita rancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini, tetapi juga mengantisipasi permasalahan di masa datang. Komitmen diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan tersebut yang harus sejalan dengan penanganan yang komprehensif dan inovatif, penerapan prinsip berkelanjutan serta penanganan yang terintergrasi dan tidak parsial” jelasnya.

Bupati juga menekankan agar program yang disusun bisa lebih berorientasi pada manfaat masyarakat dan berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, dengan memperhatikan RPJMD Melawi Tahun 2022-2026, Bupati menyampaikan tema pembangunan Kabupaten Melawi Tahun 2022, yakni Peningkatan Pembangunan Ekonomi Melalui Sektor Pertanian, Pembangunan Infrastruktur, Penguatan SDM, dan Optimalisasi Layanan Kesehatan Guna Menurunkan Angka Kemiskinan, dengan skala prioritas pembangunan peningkatan pertanian jangka pendek melalui pengembangan tanaman pangan, reformasi birokrasi, peningkatan dan pemerataan pelayanan mutu pendidikan, peningkatan pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan, peningkatan daya saing koperasi dan UMKM, peningkatan kualitas dan cakupan pelayanan infrastruktur dasar dan pemukiman, serta sinkronisasi, harmonisasi, dan integrasi program penganggulangan kemiskinan dan rehabilitasi sosial.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kepala Beppeda Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Sukaliman, MT menyampaikan masih ada dua indikator makro Kabupaten Melawi yang masih dibawah Provinsi dan Nasional yaitu IPM  dan Kemiskinan.

“Pada tahun 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menargetkan penurunan angka kemiskinan sebesar 7,31-7,23% dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bisa mencapai 70,29, diharapakan Kabupaten Melawi dapat memperhatikan target tersebut dengan mempertimbangkan asumsi –asumsi dikala pandemi saat ini”, ungkapnya.

Lanjutnya, Sukaliman mengatakan penetapan target tersebut akan menghadapi tantangan besar disaat pandemi saat ini, tetapi menurutnya akan dapat tercapai apabila seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat saling bergandengan tangan dan lebih giat serta lebih serius lagi dengan menetapkan fokus pada program serta kegiatan secara signifikan dimana nantinya akan berpengaruh langsung terhadap pencapaian target tersebut” ungkapnya

Sementara itu, terkait pandemic  covid -19, Ir. Sukaliman,MT mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah dan lapisan masyarakat untuk memperkuat koordinasi dan bersinergi menjalankan kebijakan pemerintah atas pencegahan dan penanganan pandemi covid -19 agar tidak ada lagi masyarakat kita menjadi korban akibat terpapar Covid-19.

Sumber : Humas Pemkab Melawi

Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed