by

Desa Madura Gelar Musdes Untuk RKP Desa Tahun 2024

Kubu Raya, Media Kalbar

BPD Desa Madura dan Pemerintah Desa Madura Kecamatan Teluk Pakedai bersama-sama menggelar Musyawarah Desa (MUSdes) guna membahas penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) untuk Tahun Anggaran 2024.Acara ini diadakan di aula kantor desa madura Kecamatan Teluk Pakedai pada hari Selasa (27/6/2023).

dengan tujuan untuk melibatkan warga desa dalam pengambilan keputusan terkait program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa pada tahun depan.

MUSdes merupakan forum yang penting dalam menjalankan prinsip-prinsip demokrasi di tingkat desa. Dalam pertemuan ini, seluruh elemen masyarakat desa, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD),perwakilan pemerintah desa, serta tokoh masyarakat dan agama, berkumpul untuk mendiskusikan rencana dan aspirasi masyarakat desa.

Pada MUSdes kali ini,BPD Desa Madura dan Pemerintah Desa Madura Kecamatan Teluk Pakedai mengajak seluruh warga desa untuk berpartisipasi aktif dalam menyusun RKP Desa TA. 2024. Adapun beberapa agenda yang dibahas dalam acara ini antara lain:

Evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan tahun sebelumnya: MUSdes menjadi ajang untuk mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya guna mengetahui capaian, keberhasilan, dan kendala yang dihadapi.

Penyusunan RKP Desa TA. 2024: Setelah melakukan evaluasi, BPD Desa Madura dan Pemerintah Desa Madura akan melibatkan seluruh warga desa untuk menyusun rencana kerja pemerintah desa untuk tahun depan. RKP Desa akan mencakup berbagai sektor, seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lain-lain, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat desa.

Penganggaran dan sumber pendanaan: Selama MUSdes, juga akan dibahas tentang penganggaran dan sumber pendanaan untuk melaksanakan program dan kegiatan yang tercantum dalam RKP Desa TA. 2024. Transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa menjadi fokus penting dalam pembahasan ini.

Kepala Desa Madura,Jatim Dalam sambutannya,ia menyampaikan harapannya agar MUSdes ini dapat menjadi wadah untuk mendengarkan dan mewujudkan aspirasi masyarakat desa. Ia juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh warga desa dalam menyusun RKP Desa yang mencerminkan kebutuhan dan prioritas masyarakat.

Dalam MUSdes tersebut, diharapkan masyarakat desa dapat berperan aktif dalam memberikan masukan, usulan, dan ide-ide konstruktif guna meningkatkan kualitas hidup dan kemajuan Desa Madura. Hasil dari MUSdes ini akan menjadi pedoman dalam perencanaan dan pelaksanaan program pemerintah desa untuk Tahun Anggaran 2024.

Masyarakat Desa Madura diharapkan untuk bersama-sama menciptakan Desa Madura yang lebih maju, berkembang, dan sejahtera melalui partisipasi aktif dalam MUSdes dan pelaksanaan program pemerintah desa. Dengan demikian, akan terwujud sinergi yang kuat antara pemerintah desa dan masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Usai kegiatan MUSDes Suhadi Ketua BPD desa Madura kepada awak media dia mengatakan kami sebagai BPD itu menampung Aspirasi masyarakat dan selalu menyampaikan ke pihak pemerintahan desa apa yang di pinta oleh masyarakat yang bisa di danai oleh dana desa maupun beberapa item yang bisa kita serap dengan PAD dana yang ter kucur Dari pusat.”Katanya

Lebih lanjut Ian mengatakan untuk menjaga kondusif nya masyarakat desa ini sangat antusias sekali dari segi pengawalan bangunan dan supaya pemerintahan desa ini mengerjakan fisik Itu lebih efektif dan selalu berkerjasama dengan pemerintahan desa untuk mencapai yang lebih baik.”Ucapnya.

“Jatim kepala desa Madura Menurut saya, kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sangat luar biasa. Mereka antusias untuk terlibat dalam kegiatan tersebut. Namun, dari sisi keuangan, sebagai Kepala Desa Madura, saya yakin bahwa kegiatan tersebut dapat terdanai sesuai dengan anggaran yang ada.

Saya berharap bahwa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024 ini, kegiatan yang masih belum terdanai dapat diakomodasi dengan baik. Saya yakin bahwa dengan kerja sama dan dukungan dari kabupaten dan provinsi, kegiatan tersebut dapat terlaksana.”Harapnya

“Pada tahun 2022,kami berhasil melaksanakan beberapa kegiatan dengan memanfaatkan dana sekitar 500 juta dari total anggaran 700 juta. Dana tersebut berasal dari berbagai sumber, termasuk GPN dan BLT (Bantuan Langsung Tunai). Kami mengalokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan alhamdulillah, pada tahun 2023, kami berhasil mengumpulkan lebih dari 500 juta.”Terangnya.

“Kami berusaha agar masyarakat lebih menginginkan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa. Kami juga menggandeng lembaga lain, seperti PKD (Pemberdayaan Kesejahteraan Desa), untuk mendukung pembangunan ini. Alhamdulillah, semua kegiatan kami berhasil didanai dengan baik,”Ujarnyam.

Sementara itu Drs.Supriadi,M.Si Camat Teluk Pakedai kepada awak media mengatakan Wa’alaikumussalam wr. wb.
Musyawarah Desa yang dilaksanakan di Desa Madura ini merupakan momen yang luar biasa karena melihat semangat dan partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan usulan-usulan yang bertujuan untuk memajukan desa ini. Usulan-usulan tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat. Misalnya, adanya usulan terkait dengan pembangunan poskamling yang akan meningkatkan keamanan di lingkungan desa. Selain itu, usulan pembangunan posyandu juga sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa, terutama ibu dan anak.,”Katanya.

Tak hanya itu Kata Supriadi ,masyarakat juga memberikan usulan terkait dengan perbaikan jalan-jalan lingkungan yang rusak, yang akan mempermudah mobilitas warga sehari-hari. Usulan-usulan ini sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Selain itu, mereka juga mengusulkan pembangunan sarana dan prasarana pertanian yang akan membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan mereka.

Semua usulan yang diajukan oleh masyarakat ini sungguh patut diakomodasi. Meskipun terdapat keterbatasan anggaran, namun semangat dan pemahaman masyarakat terhadap kebutuhan mereka sangat luar biasa. Mereka benar-benar memahami bahwa usulan-usulan tersebut merupakan kebutuhan mendesak yang akan memberikan manfaat langsung bagi mereka dan meningkatkan kualitas hidup di desa ini.

Dengan semangat dan kesadaran masyarakat yang tinggi, diharapkan bahwa usulan-usulan tersebut dapat direalisasikan dengan memanfaatkan sumber daya dan anggaran yang ada secara efektif. Melalui musyawarah desa ini, kita dapat melihat betapa pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan desa. Semoga desa Madura terus maju dan sejahtera berkat kerjasama dan semangat gotong royong yang terus terjaga di antara seluruh masyarakatnya.”Pungkasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Teluk Pakedai Kepala desa Madura BPD desa Madura Analis kebijakan Ahli Muda DPMD Kubu Raya.Pendamping Desa Kecamatan Teluk Pakedai BabinKamtibmas,Babinsa,kepala unsur pendidikan,serta perangkat desa dari tingkat RT/RW,dusun, dan tamu undangan.(MK/Ismil)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed