by

Ermin Elviani Hadiri Ritual Buka Mata Naga Cap Go Meh

Pontianak, Media Kalbar

Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Barat, Ermin Elviani menghadiri prosesi ritual buka mata naga yang dilaksanakan di Kelenteng Nam Tau Kang, Gang Ketapang, Jalan Gajah Mada, Pontianak, Jum’at (3/2/23)

Ermin Elviani mengatakan, pihaknya sangat menghargai dan memberikan apresiasi yang tinggi pada semua suku dan budaya yang ada di bumi khatulistiwa. Tidak terkecuali pada suku dan budaya Tionghoa.

“Saya menghargai suku dan budaya yang masyarakat Tionghoa laksanakan setiap tahunnya, seperti atraksi barongsai dan naga ini merupakan warisan leluhur yang hidup dan berkembang hingga saat ini sudah tentu acara ritual buka mata naga patut dilestarikan,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Barat.

Selanjutnya Evi, panggilan akrab Ermin ELVIANI menyatakan bahwa Partai Demokrat sangat mengapresiasi dan menghormati adat budaya masyarakat Tionghoa.

“Selain nilai ritual, budaya barongsai dan naga juga merupakan kekayaan budaya dan asset wisata yang bisa menyedot dan mendatangkan para turis dan wisatawan di Kalimantan Barat,” ucap Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan ini sebagai tokoh masyarakat Tionghoa Kalimantan Barat, Lim Tjai Hong memberikan apresiasi kepada Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar atas ketertarikan terhadap seni dan budaya masyarakat Tionghoa.

“Terima kasih kami ucapkan kepada ibu Ermin Elviani yang sudah menyempatkan diri untuk hadir langsung di lokasi ritual buka mata naga. Ini yg membuat kami salut dan bangga kepada beliau,” kata Suhu Ong, nama lain dari Lim Tjai Hong

Menurut Lim Tjai Hong, digelarnya acara ritual buka mata naga ini bertujuan untuk kesehatan, harta dan rezeki yg berlimpah dan kedamaian bersama menjelang acara ritual besar Chap Go Meh. Dimana dewa yang merasuki bernama Dewa Nam Tau Shin She.

“Semoga dengan diselenggarakannya acara ritual buka mata naga ini nantinya kita masyarakat Kalbar mendapatkan kemakmuran untuk semua,” tutur Suhu Ong. (*Hin).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed