by

Gubernur Sutarmidji Raih Penghargaan Bergensi Pada Top BUMD Forum 2023, Bank Kalbar Kebanggaan Kite, Bank Kalbar Milik Kite

YOGYAKARTA, Media Kalbar

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum meraih The Best Governor 2023 in Digital Transformation dan Capitalize pada ajang Infobank TOP BUMD Forum 2023, yang diinisiasi oleh Infobank Media Group bekerjasama dengan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) & Perhimpunan BPR Milik Pemda (PERBAMIDA) yang digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (11/5/2023). Penghargaaan ini diserahkan secara langsung oleh Eko B Supriyanto EBS selaku Pemimpin Redaksi Infobank.

Tak hanya itu, PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat juga turut menorehkan tinta emas dengan memperoleh penghargaan Top BUMD Awards 2023 Excellent for The Financial performance during September 2021-2022 yang diterima secara langsung oleh Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi, SE., MM.

Foto: Dirut Bank Kalbar Rokidi menerima Penghargaan Top BUMD Awards 2023 Excellent for The Financial performance during September 2021-2022

Bank milik Pemerintah Daerah yang merupakan lokomotif pertumbuhan ekonomi dan keuangan daerah diharapkan selalu menerapkan prinsip GCG. Di tengah upaya peningkatan kapasitas permodalan BPD sesuai ketetapan OJK dan langkah pembentukan KUB, gejolak ekonomi global yang mendorong stimulus moneter termasuk peningkatan suku bunga masih terus menjadi tantangan lain bagi kinerja BUMD di sektor keuangan. Hal itu bersamaan pula dengan situasi efisiensi yang menuntut pengetatan likuiditas.

Sebagai Daerah yang menggunakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang unggul sebagai pendorong literasi digital nasional serta Gubernur memiliki peranan penting untuk memberi perhatian dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan BUMD dalam menyokong sektor keuangan daerah Kalimantan Barat, wawasan dan pandangan seputar penguatan kelembagaan BUMD yang sangat bermanfaat bagi peningkatan tata kelola usaha serta pertumbuhan kinerja BPD dan BPR.

Hal ini tak terlebih bagi BPD yang membutuhkan peran dan sentuhan Pemda, khususnya Kepala Daerah yang inovatif dan memiliki visi yang matang dalam bersinergi untuk memberikan ruang permodalan bagi kelangsungan Bank Pembangunan Daerah.

“Saya minta jajaran direksi dan komisaris Bank Kalbar dalam menjalankan tugasnya harus profesional dan terus lakukan inovasi, raih kepercayaan masyarakat agar Bank kalbar bisa semakin berperan dalam membangun Kalbar. Hindari hal hal yang melanggar aturan, jangan pernah tunduk pada keinginan siapapun. Jika itu jelas salah dari sisi aturan, jajaran direksi, Divisi dan lainnya harus sejalan, jangan ada yang melakukan intrik utk meraih kepentingan tertentu (pribadi/golongan)”, tegasnya.

Ia juga berharap agar Bank Kalbar selalu menunjukkan kinerja terbaiknya dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Mari, tunjukan performa kinerja yang baik dan pasti akan mendapat reward yang jelas. Jaga bersama nama baik Bank Kalbar, karana Bank Kalbar Kebanggaan Kite, Bank Kalbar Milik Kite”, harap pria kelahiran pontianak ini dengan dialek khas melayunya.

Kegiatan ini turut dihadiri beberapa Gubernur di Indonesia, antara lain Gubernur DI Yogyakarta selaku tuan rumah Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur, Kepala Eksekutif Pengawas OJK Dian Adiana Rae, Ketua Umum ASBANDA Dr. Supriatno yang juga merupakan Direktur Utama Bank Jateng, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana dan beberapa Jajaran BPD yang ada di Indonesia. (Adpim/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed