by

Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program

Jakarta, Media Kalbar

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para guru yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan, Guru Binar menyelenggarakan Online Teacher Scholarship Program Inauguration pada 26 Juli 2022.
Acara ini merupakan puncak dari serangkaian pelatihan daring yang mayoritas peserta pelatihan berasal dari 3 wilayah di Indonesia, yakni Provinsi Kalimantan Barat, Kota Jambi, dan Kabupaten Gowa. Acara ini turut dihadiri oleh Juliana, Head of Guru Binar, Taufiq Mustad, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, serta Nono Haryono, Analis Kebijakan Muda Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Provinsi Kalimantan Barat.
Terhitung sejak Januari 2022, terdapat 2.500 guru yang mendaftar dan tersaring 440 guru yang mengikuti program ini. “Program yang dilaksanakan kali ini memiliki proses yang sangat ketat. Dan para peserta yang hadir hari ini pada acara inaugurasi sudah membuktikan bahwa selain membutuhkan semangat dan motivasi, tapi juga butuh komitmen untuk belajar” jelas Juliana (26/7).
Selama program dilaksanakan, para peserta mengikuti beragam kelas pelatihan dimulai dari kelas berdurasi 3 Jam Pelajaran (JP), 12 JP, dan 32 JP serta mendapatkan pendampingan langsung selama proses pelatihan berlangsung.
Netty Apriyanti, seorang guru Fisika SMAN 1 Semparuk, Kalimantan Barat, menyampaikan bahwa selama program berlangsung, Ia mendapatkan banyak ilmu baru yang langsung diimplementasikan di kelasnya, “Mengingat jika materi pembelajaran saya sulit yaitu Fisika, banyak siswa yang mengeluh sulit untuk belajar. Tapi setelah saya mengikuti kelas di Guru Binar, saya coba terapkan ilmu saya di kelas. Dan ternyata ini menyenangkan, siswa senang belajar dan saya pun semakin semangat mengajar” ujarnya (26/7).
Online Teacher Scholarship Program merupakan program pelatihan guru yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para guru di beberapa wilayah Indonesia dalam meningkatkan profesionalisme guru serta mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka yang saat ini sedang digaungkan oleh Kemendikbudristek.
Program ini merupakan bentuk kepedulian Guru Binar bersama Give2Asia yang didukung oleh Kemendikbudristek RI terhadap keberlangsungan pendidikan di Indonesia khususnya dalam pengembangan karir guru.
Guru Binar merupakan sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai respon terhadap pandemi Covid 19 dengan tujuan untuk meningkatkan akses pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.
Sebagai bentuk komitmen guna menjaga kualitas pendidikan di Indonesia, Guru Binar bekerjasama dengan Give2Asia, organisasi non-profit yang memiliki misi untuk memperkuat komunitas di Asia, salah satunya pada sektor pendidikan.
“Saya ucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada Guru Binar dengan Give2Asia yang telah memberikan kesempatan mahal ini kepada para guru wilayah kami yaitu Kabupaten Gowa, dan 2 wilayah lainnya yaitu Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Jambi. Melalui program ini, saya harap bahwa para guru nantinya tidak berhenti di sini, tapi akan terus berbagi dan mengimplementasikan ilmu yang didapatkan kepada rekan lainnya” kata Taufiq Mursad, S. T., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa pada acara Inaugurasi Online Teacher Scholarship Program (26/7).
Dengan terlaksananya acara inaugrasi ini bukan merupakan akhir dari suatu upaya dalam pengembangan kompetensi guru melainkan sebuah awal dari upaya pemerataan kualitas guru di Indonesia.

Bolierplate:
Tentang Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO)
Berdiri pada tahun 2005, Putera Samperna Foundation menginisiasi School Development Outreach sebagai respons terhadap kebutuhan layanan pendidikan berkualitas di Indonesia. Putera Sampoerna Foundation- School Development Outreach (PSF-SDO) memiliki misi meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan kapasitas pendidik dan mutu sekolah demi mewujudkan lulusan berkualitas yang dapat bersaing secara global. Misi ini tertuang dalam tiga flagship program PSF-SDO, yaitu Lighthouse School Program (LSP) , pengembangan sekolah berkualitas melalui pendekatan yang holistic dan komprehensif; Pusat Belajar Guru (Teachers Learning Centre-TLC), sebuah pengembangan sistem pelatihan guru berkelanjutan melalui pembekalan calon guru terpilih sebagai Master Teacher & Pengelola TLC untuk mempercepat peningkatan kualitas guru di kabupaten/ provinsi; dan Guru Binar, sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan daring dan beragama pengembangan profesi lainnya. Melalui platform ini para guru akan mendapatkan akses pelatihan daring bersertifikat hingga 128 jam pelajaran (JP) yang berkualitas dan disesuaikan dengan kebutuhan serta fase belajar setiap pengguna.
Sebagai sebuah organisasi yang terdepan dalam pendidikan, PSF-SDO berkolaborasi dengan berbagai mitra nasional ataupun internasional dalam merancang dan menjalankan beragam inovasi . Hingga saat ini, PSF-SDO melalui program-programnya, telah menjangkau ke lebih dari  33,661 tenaga pengajar, kepala sekolah, pengawas dan pengelola sekolah, 416.109 siswa dan 109,560 orang tua. PSF-SDO terlibat dalam peningkatan kualitas pendidikan di 152 sekolah dan madrasah dan menginisiasi 9 Pusat Belajar Guru di berbagai lokasi di Indonesia. PSF-SDO, melalui Guru Binar, juga telah menjangkau hingga 30.000 guru sebagai pengguna aktif pelantar pengembangan karir guru.
Untuk informasi lengkap, silakan kunjungi https://www.psfoutreach.com dan https://gurubinar.id/ (***/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed