by

Indentitas Penting Yang Mesti Dimiliki Kader PMII

Pontianak, Media Kalbar

Drs. H. Jipridin, M. Si,
Warek 3 UNU Kalbar Bidang Kemahasiswaan, Kajian Strategis dan Sistem Informasi, menyampaikan pokok pikiran penting untuk para kader PMII.

Melalui pers release yang disampaikan ke Media Kalbar / mediakalbarnews.com (16/4/23) bahwa Personal of Excellence (Pribadi yang unggul) yaitu Pribadi (orang) yang senantiasa berjuang untuk mewujudkan potensi baik. (QS.Asy-syam/91:7-10).
Basis-basis Gerakan PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia )
1. Basis Gerakan Intelektual.
2. Basis Gerakan Sosial Kemasyarakatan.
3. Basis Gerakan Kebudayaan.
Isu-isu penting yang harus menjadi perhatian IKA-PMII dalam Rakernas di Pontianak, yaitu:
1.IslamTransformatif adalah Islam yang mengubah, membentuk atau menjadikan yaitu mengubah keadaan masyarakat yang terbelakang menjadi masyarakat yang maju.
2. Demokrasi, dianggap penting karena dapat mengakomodasi kepentingan dan aspirasi masyarakat serta berperan sebagai wadah pengikat kesepakatan nasional yang harus dihormati dan dijaga oleh seluruh masyarakat.
3. Pluralisme yaitu paham yang menghargai adanya perbedaan dalam suatu masyarakat dan memperbolehkan kelompok yang berbeda tersebut untuk total menjaga keunikan budayanya masing-masing.
4. Civil Society (Masyarakat Madani) yaitu suatu masyarakat yang bberadab dalam membangun, menjalani dan memaknai kehidupannya. Elemen-elemen nya adalah LSM, PT, Pers, Supremasi hukum, Parpol.
5. Free Market of Ideas yaitu kondisi pasar ideal, dimana seluruh kegiatan perekonomian sepenuhnya berada pada dinamika permintaan dan penawaran pasar yang akan mempengaruhi keputusan ekonomi dan pergerakan setiap individu yang ber hubungan dengan uang, barang dan jasa secara sukarela.
6. Open Society yaitu Sebuah gagasan yang menentang segala bentuk penindasan dan totalitarianisme (sistem politik yang menghalangi adanya pihak oposisi) sehingga akan terwujud apa yang disebut masyarakat terbuka, masyarakat yang mengutamakan kebebasan namun tetap dalam koridor hukum dan etika.(menurut Karl Popper).
7. Menuju Masyarakat Komunikatif yaitu masyarakat yang mampu berinteraksi dan bersosialisasi dengan mudah. (*/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed