by

Kapolda: Bhabinkamtibmas Ujung Mata Tombak Polri di Lapangan

PONTIANAK, Media Kalbar

Kepala Kepolisian Daerah  (Kapolda) Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro memberikan arahan kepada para Bhabinkamtibmas di jajaran Polda Kalimantan Barat.

Pengarahan tersebut di hadiri sebanyak 860 para Bhabinkamtibmas di Aula Auditorium Untan, Jum’at (10/6).

“Bhabinkamtibmas sesungguhnya adalah ujung mata tombak Polri dan harus menguasai data dan pelaksanaan kegiatan di lapangan,” jelas Kapolda Kalbar kepada sejumlah insan media usai memberikan pengarahan di Auditorium Untan Pontianak, Jumat (10/6).

Pilihan menjadi Bhabinkamtibmas yang mau melaksanakan kegiatan di desa dan memiliki sedikit kemampuan komunikasi.

“Skill dalam komunikasi adalah yang terpenting dimiliki Bhabinkamtibmas, tidak hanya terkait dengan data tetapi juga terkait dengan hak-hak yang diberikan,” jelasnya.

Bhabinkamtibmas terus memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada masyarakat.

“Dalam rangka untuk memelihara kamtibmas, kemudian memberikan perlindungan pengayoman kepada masyarakat utamanya adalah mereka saya wajibkan untuk melaksanakan tugasnya secara proaktif sekecil apapun kebutuhan-kebutuhan masyarakat,” ucap Suryanbodo.

Menurutnya, tugas mulia itu supaya mengenali sinergi kerjasama dengan siapa saja, dengan TNI, tokoh masyarakat serta elemen-elemen masyarakat lainnya.

“Harus bekerjasama dalam rangka problem solver. Sekecil apapun masalah di masyarakat yang diketahui berkembang tidak meluas sehingga cukup diselesaikan teman-teman nanti,” ujarnya.

Berkomunikasi dengan masyarakat komunikasi sosial agar mudah bergerak berbaur dengan masyarakat.

“Idealnya 1 desa satu Bhabinkamtibmas, mampu berkomunikasi, berani menyampaikan yang benar termasuk kepada saya, Kalau bisa Bhabinkamtibmas itu putra daerah.” Tandasya. (**/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed