by

Kegiatan Ritual Cheng Beng Masyarakat Tionghoa, Polisi Berikan Rasa Aman

Kubu Raya, Media Kalbar

Polres Kubu Raya beserta Polsek Sungai Raya berikan pengamanan secara maksimal kegiatan sembayang kubur (Cheng Beng) 2574 tahun 2023 yang berlangsung di Lokasi Pemakaman Warga Tionghoa Jalan Adisucipto KM 8, Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan perayaan Cheng Beng merupakan momentum etnis Tionghoa memberikan penghormatan kepada leluhur melalui tradisi sembahyang kubur yang dilaksanakan dari tanggal 21 Maret – 5 April 2022 dan diawali dengan ritual sembahyang pembuka oleh masing – masing pengurus yayasan.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat,S.H., S.I.K., melalui Kapolsek Sungai Raya AKP Hasiholan Saragih, S.H., pengamanan sembayang kubur Cheng Beng sebagai upaya kepolisian memberikan jaminan keamanan etnis Tionghoa menjalankan tradisi tahunan yang di ikuti 63 yayasan yang berada di Kubu Raya dan Kota Pontianak.

” Personel gabungan Polres Kubu Raya dan Polsek Sungai Raya lakukan pengamanan ritual sembayang kubur di pemakaman jalan adisucipto Km 7 dan pengamanan ini kita lakukan baik secara terbuka maupun tertutup guna mengantisipasi kerawanan tindak kriminal apalagi kegiatan tersebut dilaksanakan pagi hari,” kata Hasiholand, Jumat (24/3/23).

Masyarakat Tionghoa yang melaksanakan ritual sembahyang kubur berangsur-angsur mulai meninggalkan area pemakaman sekitar pukul. 09.00 Wib.

“Selama kegiatan berlangsung situasi berjalan lancar tidak ditemukan adanya gangguan Kamtibmas yang terjadi dan masyarakat, namun kami mohon kepada masyarakat yang melaksanakan ritual Cheng Beng laporkan segera ke Polsek Sungai Raya atau kepada petugas yang melakukan pengamanan di lokasi jika terjadinya gangguan kamtibmas,” tegas Hasiholand. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed