by

Lapas Kelas II A Pontianak Komitmen Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tanpa Pungli

Pontianak, Media Kalbar

Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II Pontianak terus berkomitmen dalam membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Dibawah Kepemimpinan Kalapas Pontianak Julianto Budhi Prasetyono dan jajarannya sepakat tidak akan mentolerir sekecil apapun adanya praktek-praktek pungli jajaran Lapas Kelas II A Pontianak baik kepada Warga Binaan maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama keluarga warga binaan.

Menurut Kalapas semua pelayanan kepada warga Binaan yang saat ini berjumlah 1097 orang sama sekali tidak dipungut bayaran alias gratis. “Pengawasan melekat dan berjenjang di semua tingkatan di jajaran Lapas Kelas II A Pontianak dilakukan secara seksama untuk menghindari adanya oknum yang melakukan pelanggaran. Sehingga sampai saat ini segala bentuk Pungli dapat dihindari. Warga binaan dan keluarganya juga diberikan pelayanan yang baik dan transfaran dalam mendapatkan hak-haknya selama menjadi warga binaan Lapas Kelas II A Pontianak.” Katanya, Jumat (12/1).

Disampaikan juga bahwa Papan informasi pelayanan hingga nomor pengaduan terpasang di ruang tunggu pelayanan sehingga siapa saja bisa mengakses dengan mudah. Dengan adanya keterbukaan informasi pelayanan maka tindakan pungli dapat dihindari sedini mungkin. Apalagi seluruh jajaran Lapas Kelas II A Pontianak sudah menandatangani Fakta Integritas dalam menciptakan Lapas Kelas II A Pontianak bebas korupsi. “Peningkatan pelayanan kepada warga Binaan dan keluarganya terus kami tingkatkan dan sudah menjadi komitmen kami bersama menciptakan pelayanan yang terbaik dan Prima.” ungkapnya.

Pelayanan dan pengawasan kepada warga binaan menurut Kalapas Julianto Budhi Prasetyono dilakukan sejak Narapidana masuk menjadi warga Binaan hingga warga binaan mengurus administrasi menjelang pembebasan atau pun dalam pengurusan pengurangan hukuman seperti Remisi, asimimilasi ataupun Pembebasan Bersyarat.

“Semua bentuk pelayanan tersebut tidak dipungut bayaran. Begitu juga dengan proses pemasyarakatan di Lapas Kelas II A Pontianak tidak dibenarkan adanya pungutan sekecil apapun karena semua fasilitas di masing masing blok serta fasilitas umum lainya diluar blok semua disiapkan secara gratis.” Terangnya.

“Jika ada yang pihak yang menemukan adanya praktek praktek pungli dalam pelayanan di Lapas Kelas II A Pontianak dapat melaporkan langsung kepada kami atau ke nomor telefon pengaduan. Namun sejauh ini belum pernah kami menerima laporan adanya praktek pungli. Apalagi jika ada yang menyatakan adanya pungli di dalam lapas kami itu sama sekali tidak benar.” Imbuh Kalapas menegaskan.

Dalam menjalankan tugas seluruh jajaran Lapas Kelas II A Pontianak menerapkan Slogan HANDAL (Humanis, Akhlak, netral, disiplin, adaptif dan loyalitas) yang diwujudkan dalam bentuk burung hantu yang menggambarkan sifat sedikit bicara banyak melihat, mendengar dan bertindak dalam melaksanakan tugas. “Sehingga diharapkan pelayanan kami kepada warga binaan terus menjadi lebih baik guna mempersiapkan mereka kembali ke masyarakat.” Ungkap Kalapas Pontianak mengakhiri. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed