by

Momentum Hari Jadi ke-11 Desa Punggur Kapuas: Jejak Kemajuan dan Kebersamaan

Kubu Raya, Media Kalbar

Desa Punggur Kapuas, Kecamatan Sungai Kakap merayakan hari jadinya yang ke-11 dengan penuh kegembiraan. Acara ini berlansung di halaman kantor desa Punggur Kapuas Selasa(12/12/2023),  dihadiri oleh Camat Sungai Kakap, Kepala Puskesmas, sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Sungai Kakap,Pendamping desa BPD Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda, dan Ibu-Ibu Penggerak PKK.serta tamu undangan yang hadir

Dalam perayaan yang dihelat dengan antusias, Pemerintah Desa Punggur bersama masyarakat sekitar menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Anwar, dalam sambutanya selaku Kepala Desa Punggur Kapuas, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kemajuan dan solidaritas yang telah terwujud selama 11 tahun. Ia juga mengungkapkan rasa syukurnya atas partisipasi Camat Sungai Kakap dan tamu undangan lainnya dalam memeriahkan perayaan tersebut.”Ujarnya.

Camat Sungai Kakap, Junaidi S. Sos,dalam sambutannya dia menjelaskan pentingnya momen ini sebagai wujud kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Desa Punggur Kapuas. Semangat perayaan ini diharapkan dapat memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.”Katanya.

Perayaan hari jadi ke-11 Desa Punggur Kapuas menjadi momentum untuk mengenang perjalanan kemajuan dan kerja keras bersama. Dengan dukungan semua pihak, Desa Punggur Kapuas semakin kokoh sebagai pusat kegiatan masyarakat yang berdampak positif bagi Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Masih kata Junaidi Camat Sungai Kakap
ia menyampaikan dalam peringatan hari ulang tahun Desa Punggur Kapuas yang ke-11 dengan penuh kebanggaan. Alhamdulillah baru saja kita ikut menyaksikan dan menghadiri peringatan hari ulang tahun Desa Punggur Kapuas yang ke-11 ini.”Katanya.

Junaidi S. Sos mengapresiasi partisipasi aktif prangkat desa, BPD, dan masyarakat Desa Punggur Kapuas dalam merayakan peristiwa bersejarah tersebut. “Saya selaku pemerintah Kecamatan selalu menyambut baik dan mengapresiasi seluruh prangkat desa dan masyarakat desa beserta BPD yang telah bersama-sama merayakan ulang tahun Desa Punggur Kapuas yang ke-11.” Ucapnya.

Perayaan ini, menurutnya, mencerminkan cinta dan kebanggaan masyarakat Desa Punggur Kapuas terhadap sejarah dan prestasi desa mereka. “Perayaan ini merupakan salah satu bentuk rasa cinta dan bangga masyarakat Desa Punggur Kapuas yang sudah di laksanakan. Mudah-mudahan kedepan banyak prestasi yang sudah dibuat oleh desa, salah satunya melampaui desa PDF.”Ujarnya.

Junaidi juga menyoroti transformasi Desa Punggur Kapuas yang telah merubah statusnya menjadi desa mandiri. “Kemudian, sudah merubah status desanya yang mulanya desa maju menjadi desa mandiri. Ini merupakan puncak paripurna status desa yang dimiliki oleh Desa Punggur Kapuas.”Terangnya

Prestasi yang diraih oleh Desa Punggur Kapuas, menurutnya, tidak terlepas dari kerjasama dan kekompakan seluruh elemen masyarakat. “Prestasi yang telah diraih Desa Punggur Kapuas tentulah berkat kerjasama, kekompakan, dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat. Kebersamaan dan kekompakan ini menjadi kunci kesuksesan sehingga banyak capaian di miliki desa ini bisa maksimal.”Ungkapnya.

Junaidi berharap agar Desa Punggur Kapuas terus berkembang, menjadi lebih maju, mandiri, dan memberikan manfaat bagi masyarakatnya. “Harapan saya, desa ini tambah berkembang lagi, tambah maju lagi, dan mandiri lagi. Semoga masyarakatnya dapat merasakan kehadiran desa dan pemerintahnya yang memang menjadi cita-citanya pada saat membentuk desanya ini bisa terwujud. Ini luar biasa, sudah 11 tahun capaiannya pun sudah luar biasa pesatnya.” Tandanya.

Dia menutup dengan mengingatkan pentingnya tidak melupakan sejarah, sejalan dengan pesan Bung Karno. “Dengan tidak melupakan sejarah dan selalu bersyukur dengan majunya, berkembangnya dan mandirinya desa ini, semoga Desa Punggur Kapuas menjadi desa yang luar biasa. Barangkali itu, seperti pesan Pak Karno, ‘Jas Merah, jangan pernah melupakan sejarah.'”Pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Punggur Kapuas, Anwar, bersyukur dalam peringatan ulang tahun ke-11 desa ini, menyampaikan pencapaian gemilang yang telah diraih. Desa Punggur Kapuas membanggakan diri sebagai desa tercepat dalam penyampaian laporan sekabupaten Kubu Raya, serta meraih peringkat keempat dalam penyampaian aset desa.

Anwar juga mengungkapkan kebahagiaan atas penerimaan berbagai penghargaan, termasuk reward sepeda motor dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebagai apresiasi untuk status desa mandiri tahun 2023. Desa ini juga mendapatkan reward dana tambahan sebesar seratus sembilan puluh lima juta rupiah dari Pemerintah Kabupaten.”Terangnya.

Saat ini, kita mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan calon pembangunan Desa Punggur Kapuas. Mari kita pilih figur yang telah banyak berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur, sehingga desa kita terus berkembang,” ujar Anwar.

Dalam menyikapi masa politik menjelang pemilu, Anwar menghimbau agar perbedaan pilihan tidak memecah belah, melainkan menjadi semangat pemersatu. “Kami berharap perbedaan ini tidak menjadi perpecahan, melainkan semangat untuk bersama-sama membangun Desa Punggur Kapuas,” tandasnya.

Semangat membangun dan merayakan prestasi terus berkobar di Desa Punggur Kapuas, menandai 11 tahun perjalanan yang penuh sukses.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed