by

Momentum Isra’ Mi’raj, SD Plus Bina Empat Lima Gelar Kegiatan Sabda

Pontianak, Media Kalbar

Dalam rangka menyemarakkan dan syi’ar Islam, SD Plus Bina Empat Lima Pontianak Timur melaksanakan kegiatan Siapkan Anak Bahagia Dunia Akhirat (Sabda) yang dikaitkan dengan momentum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H. Sabda dilaksanakan, (16-18 Februari 2023).

Ketua panitia, Mustafa, M.Pd dalam sambutannya mengatakan. Kegiatan Sabda bertujuan untuk mendidik karakter, disiplin dan mental yang kuat, dan yang tak kalah pentingnya lagi adalah agar anak-anak memiliki budi pekerti dan akhlak yang baik menyiapkan generasi yang mampu menjawab tantangan zaman.

Karena itu, sesuai dengan namanya Siapkan Anak Bahagia Dunia Akhirat (Sabda), “Barang siapa ingin bahagia di dunia hendaklah berilmu, barang siapa ingin bahagia di akhirat hendaklah berilmu dan barang siapa menginginkan bahagia keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah memiliki ilmu” (Imam Syafi’i). Pentingnya ilmu untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dunia dan akhirat, ungkapnya.

Sekretaris panitia Fadli Rahmadi, S.Pd mengatakan,kegiatan Sabda ini rutin dilaksanakan setiap semester. Namun sempat vakum selama 2 tahun, dikarenakan pandemi Covid-19. Kegiatan ini diikuti sebanyak 140 siswa kelas 4, 5 dan 6, SD Plus Bina Empat Lima. Selama kegiatan siswa di asramakan.

Adapun materi yang diberikan selama kegiatan; pertama, tentang Tadabdur Iman. Para peserta didik diberikan materi ESQ, akidah akhlak, praktek ibadah, tadarusan al-Quran, sholat tahajud dan sholat dhuha.

Kedua adalah kegiatan Tadabur Alam yakni; berupa kegiatan menelusuri Sungai Kapuas dengan menggunakan kapal wisata Galaherang Adam Family Pontianak. Kegiatan tadabbur alam ini peserta didik diarahkan untuk memahami tentang tanda-tanda kekuasaan, kebesaran dan keindahan alam penciptaan Allah SWT berupa hamparan sungai.sungai kapuas terpanjang di Indonesia salah satu diantara ciptaan Allah SWT yang wajib disyukurinya dan memikirkan penciptaan Allah maka iman seseorang akan bertambah, ungkapnya.

Sementara itu kepala SD Plus Bina Empat Lima. Hj. Ummi Kalsum Syaus, S.Ag. disela-sela kegiatan dihubungi awak media, mengatakan bahwa Sabda ini merupakan program unggulan sekolah, kegiatan ini untuk menanamkan pendidikan karakter, kedisiplinan, dan melatih mental anak. Program unggulan lainya adalah Tahfidz Quran, harapannya adalah agar peserta didik lebih mencintai al-Quran. Kemudian program unggulan lainnya yaitu bidang sosial yaitu, Jumat berkah yang dilaksanakan setiap hari Jumat dengan melibatkan dewan guru, staf dan orangtua siswa dengan memberikan bantuan sembako, uang dan nasi kotak untuk dhuafa, anak yatim piatu dan panti asuhahan di kota pontianak, ungkapnya.

Ketua Yayasan Bina Empat Lima, yang diwakili oleh Drs. H. Ahmad Nurdin dalam kata sambutannya mengatakan, mengapresiasi kegiatan Sabda ini. Dengan kegiatan Sabda ini artinya peserta didik mempraktekkan langsung kegiatan keagamaan yang diwajibkan oleh Allah SWT, misalnya sholat lima waktu sehari semalam dan sholat dilaksanakan tepat waktu secara berjamaah. Selain itu menghidupkan Sunnah Rasulullah SAW, seperti sholat sunnah dhuha, sholat sunnah tahajud dan tadarusan al-Quran. Dengan demikian kegiatan ini untuk membiasakan pada diri anak-anak sedini mungkin. Hal ini penting mengingat saat ini di era globalisasi dan pesatnya kemajuan zaman yang ditandai dengan kemajuan TIK (Tekhnologi Informasi dan Komunikasi), sehingga anak-anak harus menjadi generasi tangguh dan kuat dalam hal aqidah dan ekonomi. “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar”. (QS. An-Nisa: 9).

Merajalelanya kenakalan remaja seperti; narkoba, pergaulan bebas, judi online, perundungan dan lain sebagai. Adanya kegiatan ini paling tidak dapat mengimbangi atau mengurangi bahkan kalau bisa menghilangkan sama sekali perilaku negatif pada anak-anak. Dan menumbuh suburkan adalah perilaku positif seperti yang ada pada kegiatan Sabda, ungkapnya.

Selanjutnya disela-sela pembukaan kegiatan Sabda, awak media menyambangi H. Agus Sugiyarto, S.Ag, beliau adalah sebagai pencetus ide kegiatan Sabda. Sabda adalah kepanjangan dari; Siapkan Anak Bahagia Dunia Akhirat. Kegiatan ini berupa pembinaan, pembimbingan dan penanaman nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Pembinaan nilai-nilai moral dan karakter peserta didik serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun teknis pelaksanaan pembinaan dan bimbingan, siswa dibagi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri 15 orang peserta yang masing-masing kelompok didampingi oleh dua orang mentor. Metor ini adalah guru-guru yang bertugas mengarahkan peserta diluar jam materi, misalnya mau tidur dan bangun tidur siswa dibimbing baca doa. Mau makan dan sesudah makan dibimbing baca doa dan lain sebagainya. Ujar Agus Sugiyarto, beliau juga sebagai guru PAI dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SD Plus Bina Empat Lima Pontianak Timur. (*/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed