by

Plt. Camat Sungai Tebelian : Maknai dengan Baik sebab Para Pejuang Kita Berjuang Sampai Titik Darah Terakhir

SINTANG, MEDIA KALBAR

Dalam kurun waktu yang cukup lama pandemi Covid-19 melanda Indonesia membuat banyak hal yang terhalang untuk bisa dilaksanakan. Salah satunya adalah momen memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia yang semestinya selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan.

Pada kesempatan ini saat Pandemi Covid-19 mulai landai hari ini Rabu (17/08/2022) Pemerintah Kecamatan Sungai Tebelian menggelar Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Desa Bancoh.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan pengibaran bendera merah putih ini dipimpin langsung Plt. Camat Sungai Tebelian Karjito, S. Sos, M. A. P sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir dalam acara ini tampak Pjs. DANRAMIL 1205-07 Sintang-Sungai Tebelian, Kapolsek Sungai Tebelian, DANKI1 YON. B. PELOPOR, BASARNAS dan seluruh Instansi terkait.

Usai upacara saat di temui awak media ini Plt. Camat Sungai Tebelian Karjito, S. Sos, M. A. P menjelaskan, “Kami Pemerintah Kecamatan mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 Tahun 2022, kami tentunya bersyukur sekali masa-masa pandemi telah landai sehingga kami izin untuk melakukan kegiatan upacara mengenang detik-detuk Proklamasi dengan hikmat dan lancar dan tentunya kami tidak melaksanakan acara ini di pusat Kecamatan tetapi untuk tingkat Kecamatan kita laksanakan di Desa Bancoh.

Dirinya juga memberikan apresiasi pada seluruh masyarakat Kecamatan Sungai Tebelian khususnya warga Desa Bancoh saya lihat warga sangat antusias dan penuh semangat untuk mengikuti acara ini dengan baik, lancar dan aman.

Dengan momen ini Karjito berharap, “Kepada seluruh masyarakat bisa memaknai ini dengan baik karena pejuang-pejuang kita telah berjuang sampai titik darah penghabisan dan puji syukur juga Alhamdulillah puji Tuhan semua Desa yang ada di Kecamatan Tebelian ini melaksanakan upacara ini dengan sukses, kemudian masyarakat juga sebelumnya telah dihimbau semua pasang bendera, umbul-umbul dengan semarak sampai ke tingkat RT yang langsung dipimpin oleh Kepala Desa masing-masing.

Sementara itu Kepala Desa Bancoh Suparno mengatakan, “Untuk tanggapan saya kegiatan ini sangat positif terutama khusus Desa Bancoh kita bisa lihat anima masyarakat sangat luar biasa dari setiap elemen dan ini saya pikir merupakan pencapain tertinggi di Desa Bancoh selain ada turnamen kemarin hari ini luar biasa keterlibatan warga sangat-sangat dominan tidak ada sedikitpun warga yang tertinggal di sini untuk semua kegiatan.

“Saya berharap Bancoh ke depan akan lebih baik dan warga akan menyadari pembangunan yang akan ada di Bancoh saya ajak untuk sama-sama membangun dari bawah. Karena pembangunan akan dilaksanakan dengan saya sendiri tentu tidak akan mampu, jadi mulai dari tingkat RT sampai ke atas kita harus bersama dan bersatu dalam membangun,” harap Suparno.

Pandemi mungkin saja landai dan harus diwaspadai akan keberadaannya, hal ini seakan selalu membuat seluruh warga tetap saja pada kehati-hatian. Salah satu yang harus siap antisipasi dini pada masa Bulan Agustus ini juga hadir yang lebih penting di kalangan masyarakat yaitu jelangnya musim kemarau.

Adanya muncul musim kemarau atau bahkan panas yang begitu luar biasa akan berpotensi besar terjadi kebakaran hutan yang sudah tak terkendali lagi, hal inilah yang membuat kewaspadaan seluruh unsur masyarakat sama-sama menjaga jangan sampai terjadi.

Dalam kesempatan momen ini Pjs. DANRAMIL1205-07 Sintang-Sungai Tebelian Lettu Inf. Perry Rajagukguk, S. Sos ketika dikonfirmasi langsung terkait menghadapi masalah Karhutla mengajak seluruh masyarakat bersama-sama bangkit untuk kembangkan dunia pertanian lebih maju dan sejahtera.

“Terkait masalah karhutla dalam momen ini kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Sungai Tebelian khusus Desa Bancoh karena kita ada program dari Pemerintah berladang tanpa membakar hal inilah yang kita bahas nanti bersama masyarakat. Jadi bagaimana kita tetap bertani tapi pola yang tidak berpindah-pindah dan sangat kita harapkan juga PPL agar bisa mendampingi masyarakat untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa, itu harapan kita,” jelas Perry.

Sebelumnya, usai upacara detik-detik Proklamasi dan pengibaran bendera merah putih Plt. Camat Sungai Tebelian bersama Muspika lainnya menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah paskibraka. (Martin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed