by

Polsek Putussibau Utara Dirikan Posko Terpadu Penanganan Karhutla, Ini Tujuannya

Putussibau, Media Kalbar

Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar – Polsek Putussibau Utara Polda Kalbar mendirikan posko terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Putussibau Utara.

Posko terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan tersebut di dirikan di Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara pada hari Minggu tanggal 13 Agustus 2023.

“Posko terpadu tersebut di dirikan atas perintah pimpinan Polres Kapuas, Polda Kalbar dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu khususnya Kecamatan Putussibau Utara,” kata Kapolsek Putussibau Utara Iptu Jauhari, Minggu (13/8/2023).

Selanjutnya, Iptu Jauhari menjelaskan bahwa adapun peralatan yang di siapkan di Posko terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan tersebut, sebagai berikut : satu unit mesin Robin 6,5 HP, dua buah selang hisap spiral 12 inchi, Panjang 5 meter, dua buah water Pack ukuran 15 liter, satu unit mesin semprot air ukuran 20 liter, tiga buah helm pelindung serta masing-masing satu kotak masker dan sarung tangan.

Kemudian, Iptu Jauhari menjelaskan bahwa personil yang mengawaki pos terpadu tersebut standby di Posko terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan melaksanakan patroli bersama-sama, untuk mengecek situasi Karhutla yang ada di wilayah Kecamatan Putussibau Utara. Kegiatan dilaksanakan setiap hari, dengan menggunakan sistem piket jaga gabungan.

“Adapun Personil yang melaksanakan kegiatan posko terpadu penanganan Karhutla tersebut adalah Bhabinkamtibmas Polsek Putussibau Utara, Babinsa Koramil 1206-06/Psu, dan perangkat desa serta Masyarakat Peduli Api Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara,” ujar Kapolsek Putussibau Utara Iptu Jauhari.( Icg )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed