by

Prabowo Capres Terkuat Dapatkan Dukungan Masyarakat Akar Rumput

Jakarta, Media Kalbar

Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kian menuai dukungan dari masyarakat kecil. Peningkatan dukungan ditengarai karena Prabowo-Gibran menghadirkan berbagai program yang sangat bernuansa pro kerakyatan.

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyampaikan salah satu program yang disukai masyarakat adalah makan siang dan susu gratis untuk pelajar. Program tersebut dinilai akan sangat membantu mengurangi beban pengeluaran dari masyarakat kecil.

“Menjadi faktor penting dari Pak Prabowo punya program-program yang pro rakyat kecil seperti memberi makan dan susu. itu kan program pro rakyat kecil, program itu disambut baik,” kata Ujang dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).

Oleh karena itu, dia menyebut sangat wajar jika dukungan masyarakat kecil kepada
Prabowo-Gibran sangat besar. Hal tersebut pun terkonfirmasi dari temuan survei yang
menunjukkan keunggulan Prabowo-Gibran di kalangan masyarakat kecil. “Maka sangat wajar Pak Prabowo disambut oleh masyarakat kecil,” ucap Ujang.

Misalnya terlihat survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 23 November-1 Desember, Prabowo-Gibran unggul di kalangan tukang ojek, sopir, buruh, kaki lima dengan raihan 45,2 persen. Raihan tersebut mengalahkan duet Ganjar-Mahfud yang mengantongi 26,3 persen dan Anies-Muhaimin hanya mendapat 22,4 persen.

Hasil serupa juga ditemukan pada Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 3-5 Desember
2023, tercatat keunggulan Prabowo-Gibran sebesar 45,7 persen. Raihan itu unggul dari
Ganjar-Mahfud di angka 30,2 persen dan Anies-Muhaimin yang hanya mendapat 19,1
persen.

Sementara di Kalangan Petani, Nelayan, Peternak juga menunjukkan hasil serupa, di mana IPI menemukan Prabowo-Gibran unggul dengan raihan 50,9 persen. Di posisi kedua Ganjar-Mahfud dengan 27 persen dan di tempat ketiga terdapat Anies-Muhaimin dengan 15,2 persen, Sedangkan dalam temuan LSI memperlihatkan dukungan kepada Prabowo-Gibran sebesar 39,6 persen. Paslon nomor 2 tersebut mengalahkan Ganjar-Mahfud yang mengantongi 27,6 persen dukungan dan Anies-Muhaimin dengan 25,9 persen.

Lebih lanjut dia menyebut selain faktor program pro rakyat, karakteristik Prabowo yang bersahaja mampu merebut simpati masyarakat kecil. Menurutnya, penampilan Prabowo tersebut sangat disukai oleh masyarakat kecil.
“Prabowo itu kelihatan kesederhanaannya, kelihatan santainya, kelihatan rileks. kelihatan sering membantu. nah itu yang membuat rakyat kecil suka,” pungkasnya. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed