by

Proyek Bahu Jalan di Bukit Vendareng Tanpa Rambu dan Papan Informasi

Bengkayang Media Kalbar

Proyek pembangunan bahu jalan di lokasi Bukit Vendareng, Desa Suka Maju, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, diduga tidak sesuai prosedur bahkan di anggap proyek siluman oleh pengguna jalan raya.

Pasalnya, proyek yang sudah berjalan tersebut tidak terpampang adanya papan informasi, serta rambu-rambu pekerjaan juga tidak begitu terlihat. Bahkan yang terlihat hanya lah tumpukan materil yang berceceran.

Kusmin (47) warga samalatan yang saat itu melintas mengendarai sepeda motor nya mengungkapkan, bahwa dirinya beberapa hari yang lalu hampir saja celaka, karena tergelincir ketika terkena ceceran material proyek yang di kerjakan tersebut.

” Iya pak, saya malam itu hampir saja celaka, karena saya tidak melihat adanya rambu-rambu atau pun papan informasi bahwa adanya pekerjaan jalan di sini pak. Padahal waktu itu malam hari juga mereka bekerja,” ungkapnya kepada media ini, Senin 7 Agustus 2023.

Kusmin juga meminta kepada pihak kontraktor proyek serta Dinas yang membidangi, agar segera memasang rambu pekerjaan dan papan nama kegiatan tersebut.

“Supaya kami pengedara mengetahui bahwa adanya proyek di lokasi bukit Vendareng ini, maklumlah apalagi di sini jalanan nya ekstrim,” ujarnya

Berdasarkan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lamanya pekerjaan.(*/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed