by

Purnawirawan Polri Beri Aspresiasi Bid Propam Polda Kalbar

Purnawirawan Polri Beri Aspresiasi Bid Propam Polda Kalbar

Pontianak – Dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat dan mewujudkan Polri Presisi serta keterbukaan Polri dalam merangkul masyarakat dan menghadirkan kanal pengaduan berkualitas diapresiasi publik untuk meningkatkan profesionalitas Polri, Bidang Propam Polda Kalbar transparan dalam melayani serta menindaklanjuti pengaduan.

Ini juga merupakan salah satu komitmen Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk terus meningkatkan profesionalitas anggotanya dilakukan dengan pengawasan yang ketat.

Dalam struktur resmi kelembagaan Polri, unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang bertanggung jawab terhadap tugas penting ini adalah Divisi Profesi dan Pengamanan (Divisi Propam).

Dimana Bid Propam Polda Kalbar turut mendukung keterbukaan pelayaanan pengaduan secara terbuka dan transparan.

Kabid Propam Polda Kalbar Kombes Yudi Arkara Oktobera, S.I.K., M.H., menyebutkan bahwa dalam menerima pengaduan kita Propam Polda Kalbar turut merangkul dan melibatkan masyarakat untuk berperan dan adanya transparansi, sangat positip terhadap citra Polri.

”Dengan keterbukaan pelayaanan pengaduan juga merupakan salah satu indikator yang meningkatkan citra Polri, ungkapnya, Sabtu (01/7/23).

Sebagai ujung tombak dalam pengawasan etik dan disiplin personel Polri, Divisi Propam tentulah menjadi etalase dalam membentuk budaya profesional Polri.
Dengan Fungsi untuk membina serta mengadakan pertanggungjawaban dan pengamanan internal menjadi amanat yang penuh tantangan bagi Divisi Propam untuk menjaga marwah Polri.

Dengan semangat untuk menguatkan profesionalitas dan kualitas sumber daya manusia anggota Polri, pembenahan di berbagai lini terus dilakukan oleh Divisi Propam.

Selain penguatan internal, hal yang juga dinilai penting adalah dengan mendorong keterlibatan aktif masyarakat, guna bersama-sama dapat mengawasi kinerja dan profesionalitas yang ditunjukkan oleh personel Polri.

Pelibatan publik ini tak lain juga menjadi bentuk transparansi agar terus mendorong kepercayaan publik pada Divisi Propam dan institusi Polri keseluhuhan yang kini melaju pada kondisi yang semakin membaik.
Andil besar publik menjadi sangat penting dalam pengawasan ini. Hal ini sekaligus menjadi potret kebersamaan masyarakat dan Polri untuk dapat saling membangun ke arah yang lebih positif.

Salah satu purnawirawan Polri AKBP Budi Pangestu mengapresiasi Kinerja Propam Polda Kalbar dimana dengan keterbukaan Polri saat ini dinilai Polri semakin dekat dengan masyarakat.

Ia menyebut, jika dengan adanya melibatkan para tokoh masyarakat, agama, tokoh adat hingga tokoh pemuda untuk ikut berperan aktif dalam menjalankan tugas pokok Propam Polri khususnya propam Polda Kalbar membuat Propam Polri semakin kuat dalam menjaga marwah Polri.

Lebih dari itu diungkapkan juga oleh AKBP (Purn) Budi Pangestu, dia mengatakan jika saat ini dengan bertambahnya umur Polri yang ke-77 membuat Polri semakin disegani. Terbukti saat ini keterbukaan pelayanan Polri dalam melayani masyarakat

“Dirinya sangat mengapresiasi kinerja Propam Polda Kalbar yang saat ini telah mengutamakan keterbukaan pelayanan publik dengan berbagai layanan seperti Aplikasi Propam Presisi dan WhatsApp Pelayanan Pengaduan Presisi,” ujarnya.

Pemanfaatan Whatsapp Yanduan yang dapat diakses hanya dengan nomor 0853-8898-8080 ini diharapkan lebih memudahkan dan populer di banyak kalangan masyarakat sehingga pemanfaatannya lebih efektif.

Dengan adanya Layanan tersebut secara otomatis masyarakat bisa langsung memonitor kinerja Polri.

jika kinerja Propam Polri yang mengedepankan keterbukaan pelayanan publik menjadikan Propam semakin kuat dan Polri semakin Mantap. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed