by

Rakernas V LP-KPK Di Kalbar, Menuju Satu Dekade Berkarya Profesional

Pontianak, Media Kalbar

LP-KPK (Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah Dan Keadilan) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Pontianak Kalbar.

Rakernas V LP-KPK ini dibuka oleh Gubernur Kalbar yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalbar Hermanus, dihadiri oleh Forkorpimda Kalbar, Ketua Umun LP-KPK dan jajaran serta para peserta seluruh Indonesia.

Foto; Pembukaan Rakernas V LP-KPK

Gubernur melalui sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Rakernas V Lp-kpk dan berharap agar LP-KPK bisa melahirkan rumusan dan rekomendasi yang baik untuk organisasi dan juga kepada pemerintah.

“LP-KPK bisa bersinergi dengan pemerintah, berkaloborasi dalam melaksanakan program kerja.” Kata Hermanus, Senin (28/11).

Hermanus juga mengingatkan agar LP-KPK bisa mematuhi aturan dan perundang-undangan yang ada terkait organisasi dan ormas, serta berkoordinasi dengan pemerintah setempat sehingga diketahui keberadaannya.

Ketua Umum LP-KPK Amirul S Piola kepada sejumlah awak media menjelaskan bahwa LP-KPK yang dipimpin dan didirikan pada 12 Mei 2013 sudah hampir 1 dekade melaksanakan Rakernas ke-5 di Pontianak Kalbar dengan tema LP-KPK menuju satu dekade berkarya tampil profesional.

“Rakernas juga dirangkai dengan pelantikan 7 Komcab se Kalbar ini agar bisa melaksanakan tugas dengan baik.” Katanya.

Pelantikan Komcab se Kalbar

Amirul juga menjelaskan Rakernas yang dilaksanan juga dilakukan pelatihan tingkat dasar LP-KPK yang terdiri 4 sesi yaitu Mengenal LP-KPK dan tufoksinya, mengenal dan memahami korupsi dan mencegahnya yang disampaikan oleh Polda Kalbar, Sistem Administrasi LP-KPK, leadership dan sikap.

“Harapannya seluruh pengurus LP-KPK dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tufoksi, SOP, kode etik, Juklak-Juknis dan AD/ART, dalam rangka untuk mengawal , mendampingi seluruh kebijakan pejabat untuk kepentingan rakyat supaya tepat sasaran.” Jelasnya.

Selain itu lanjut Amirul S. Piola, mengangkat aspirasi masyarakat, proaktif dalam penegakan supremasi hukum, khususnya bidang tipikor.

Dalam rakernas ini juga ada kebijakan intenal dan eksternal, yang internal adalah perekrutan sistem rekruitmen profesional, peningkatan SDM melalui Pkdas, pikusus, lanjutan yang dibuktikan dengan penghargaan dari LP-KPK.

Eksternal, pro aktif penegakan hukum dan penjabat yang anti korupsi, pertumbuhan ekonomi mikro dan makro untuk kesejahteraan masyarakat, persiapan pemilu 2024 agar aman, jujur adil bebas, tanpa campur tangan pihak asing.

Amirul juga mengingatkan agar pengurus LP-KPK jangan banyak bicara diluar tapi dahulukan internal.

“Saya tegaskan yang betul LP-KPK adalah ini yang ketua umumnya saya Amirul S. Piola.” Tegasnya.

Ketua Komda LP-KPK Provinsi Kalbar Sukahar, SH, MH mengatakan bahwa Rakernas yang diikuti oleh seluruh utusan peserta dari seluruh Indonesia untuk menyatukan misi dan visi LP-KPK agar lebih eksis kedepan secara profesional dalam mengawal kebijakan pemerintah sehingga tidak terjadi korupsi. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed