by

Rakor Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Bulan Ramadhan

Pontianak, Media Kalbar

Rapat Koordinasi (Rakor) vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan tahun 2022 sudah dilaksanakan, Jumat (8/4)

Disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, drg. Hary Agung Tjahyadi, M. Kes., bahwa Rapat koordinasi Vaksinasi covid 19 di bulan Ramadhan dilaksanakan pada hari jumat tanggal 8 April 2022 di Ruang Rapat Dinas Kesehatan Provinsi  Kalimantan Barat.

Rapat dihadiri dinas dan intansi pelaksana vaksinasi di tingkat provinsi Kalimantan Barat yang selanjutnya pada hari sama dilaksanakan juga Rapat Koordinasi Vaksinasi Ramadhan dengan Dinas Kesehatan Kab/kota se Kalimantan Barat. Rakor dipimpin langsung oleh Kadinkes Provinsi Kalbar dan dihadiri jajaran Bid. P2p dinkes Prov kalbar, dinkes kota pontianak, perwakilan Kabiddokes, Kakesdam, kadiskes lantamal, Satpol PP. sedangkan Rakor Vaksin Ramadhan diikuti secara daring oleh dinas Kesehatan Kab/kota se kalbar dan perwakilan puskesmas.

“Rakor ini membahas tentang evaluasi 1 minggu pelaksanaan vaksinasi di bulan ramadhan dan strategi yang efektif, efisien serta kolaboratif dalam memberikan pelayanan vaksinasi di bulan ramadhan.” Ungkap Hary Agung

Disampaikan bahwa beberapa hal yang menjadi arahan dalam rapat tersebut adalah:
1.Pelayanan stationer vaksinasi dibulan ramadhan tetap dilaksanakan seperti biasanya. yaitu pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (puskesmas)/klinik/RS TNI/Polri dan pusat pusat /gerai vaksinasi yang dilaksanakan oleh dinas kes/TNI/Polri.
2. Pelayanan mobile vaksinasi pada tempat- tempat umum (pasar tradisional, pusat perbelanjaan, rumah ibadah masjid, gereja, sekolah,kampus dan perkantoran) dilaksanakan secara kolaboratif antara dinkes, TNI dan Polri
3. Membuka pelayanan Vaksinasi ramadhan dengan jadwal malam hari dan pelayanan on the weekend sabtu minggu, dengan jadwal dan lokasi yang ditentukan dengan mempertimbangkan efektifitas, efisiensi, Sumber daya yang dimiliki dan respon masyarakat.

“Beberapa hal tersebut dilaksanakan untuk memberikan akses sebanyak-banyaknya dan memberi pilihan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi di bulan ramadhan.” Jelas Hary

Selain itu guna percepatan capaian vaksinasi kalimantan barat sesuai target 70 dosis kedua total vaksin, 60% vaksin lansia dan 70% vaksin anak-anak. “Diharapkan dengan percepatan capaian vaksinasi di Kalbar ini juga mempercepat kondisi herd immunity/ kekebalan komunal di kalbar, sehingga resiko kesakitan dan kematian akibat covid 19 dapat ditekan seminimal mungkin.” Tutup Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed