by

Terakreditasi Baik Sekali, Akbid Panca Bhakti Pontianak Siapkan Menjadi Stikes

Kubu Raya, Media Kalbar

Sudah 18 Tahun Akademi Kebidanan (Akbid) Panca Bhakti Pontianak sudah melahirkan lebih 1.500 lulusan atau alumni. Saat ini perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Kubu Raya ini terakreditasi dengan nilai baik sekali sedang mempersiapkan untuk menjadi Sekolah tinggi ilmu kesehatan (Stikes).

“Akbid Panca Bhakti Pontianak sudah 18 tahun, kami dalam waktu dekat ini menunggu realisasi pemerintah pusat, Dikti untuk menjadikan Akbid ini menjadi Stikes, dengan menambah prodi baru yaitu ilmu administrasi kesehatan dan akan ditingkatkan lagi dengan menambah prodi S1 kebidanan dan profesi. jadi ini berkembang terus khusus untuk Kabupaten Kubu Raya.” ungkap Dr. Windiyanti. M. Kes., Direktur Akbid Panca Bhakti Pontianak ketika ditemui diruang kerjanya, Sabtu (13/11/21).

Disampaikan Windiyanti bahwa Akbid Panca Bhakti Pontianak sudah 1.500 alumni baik program khusus maupun yang reguler.  Program khusus tersebut adalah bagi bidan yang sudah bekerja namun pendidikan masih D1 jadi kerja sama dengan pemerintah melanjutkan pendidikan D3 di Akbid Panca Bhakti Pontianak.

“Akreditasi kami nilai baik sekali baik institusinya maupun program studi, maka kami mengajak anak daerah terutama yang SMA mari bergabung dengan Akbid Panca Bhakti Pontianak karena terjamin, karena mereka lulus pasti bisa kerja, bisa melamar PNS karena akreditasi baik sekali.” tuturnya.

Untuk kesiapan menjadi Stikes saat ini sudah persiapan dokumen yang banyak, terutama SDM dosen disekolahkan, lahan milik sendiri 5 hektar, mempunyai asrama dan aula, ” sehingga kalau wisuda tidak perlu di luar. karena kita ada fasilitasnya.” ujarnya.

Sebelumnya Windiyati mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 yang dilaksanakan oleh PSI di kampus Akbid Panca Bhakti Pontianak.

untuk mendukung vaksinasi yang pencapaiannya masih rendah, Akbid Panca Bhakti Pontianak menurunkan mahasiswa dan dosen kerumah-rumah warga memberikan penyuluhan agar tidak ragu untuk vaksin.

” kita dukung vaksinasi, sebagai perguruan tinggi yang berbasis kesehatan sangat apresiasi dan mendukung vaksinasi massal Covid-19, ini kan tujuan pertama  untuk menekan transmisi penularan Covid-19, kemudian menurunkan angka pesakitan Covid-19 dan menurunkan angka kematian, maka kami siap dan menyambut baik vaksinasi Covid-19.” ungkapnya lagi.

Selain vaksinasi, Akbid Panca Bhakti Pontianak saat pandemi Covid-19 juga turun membantu APD, masker dan saat ini banjir juga membantu masyarakat Terdampak banjir khusus di Sintang dengan menurunkan mahasiswa untuk membantu. (amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed