by

Turnament Xiang Qi Se-Kalbar Kembali Digelar Di YBS

Pontianak, Media Kalbar

Persatuan Xiang Qi Indonesia Kalbar kembali menggelar turnament Xiang Qi atau Catur Gajah atau juga disebut Catur Cina yang dilaksanakan di Yayasan Bhakti Suci (YBS) selama dua hari (18-19 Maret 2023).

Wakil Ketua Pengprov Persatuan Xiang Qi Indonesia Kalbar, Sutaryadi atau akrab dipanggil Pak Boy mengatakan kepada mediakalbarnews.com / Media Kalbar bahwa turnamen Xiang Qi atau catur gajah kembali digelar setelah lama kosong atau tidak dilaksanakan, “ini dilaksanakan 6 bulan sekali, bulan Mei 2022 pertama kali dan kali ini kita laksanakan. Selain itu ini ada piala bergilir jika tiga kali berturut-turut bisa diambil. Dan hadiah juga ada bagi pemenang.” Kata Pak Boy disela-sela kegiatan Turnamen Xiang Qi di Kantor Yayasan Bakti Suci Pontianak, Sabtu (18/3/23).

Dikatakan juga bahwa kali ini peserta ada 32 orang meningkat 10 orang dari turnamen sebelumnya yaitu 22 orang.

Dijelaskan hal yang unik Catur Gajah atau Xiang Qi dengan Catur Internsional adalah kuda dicatur internasional bebas L, kalau Xiang Qi tidak jika ada penghalang baik lawan maupun kawan harus mengedar dulu kiriĀ  atau kanan.

“Ada yang unik yaitu Meriam atau bahasa tinghoanya Pao, ini kalau makan lawan harus melompat, kemudian ada Gajah itu harus diagonal lewat batas sungai atau garis, Menteri ada dua jalan diagonal tidak boleh lewat tempat lawan dan sungai, Pion jalannya lurus kalau sudah lewat sungai bisa kiri dan kanan.” Jelasnya.

Turnamen ini memakai sistim swiss 7 kali main, walau kalah tetap main, dimana hari ke-1, 4 kali main dan hari ke-2, 3 kali main.

Harapan kedepan menurut Boy Catur Gajah atau Xiang Qi ini bisa diteruskan oleh generasi muda. ” kita mau datang ke sekolah-sekolah SD atau SMP untuk mengajarkan Catur gajah ini bagi yang mau agar ada penerusnya.” Ujarnya. (AMAD)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed