by

Cegah Stunting, Dinas Perikanan Gaungkan Program Gemarikan

Kubu Raya, Media Kalbar

Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya mengadakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)di desa Sungai Itik, Kecamatan Sungai Kakap pada Selasa(13/6/2023).

Gerakan makan ikan itu menjadi salah satu cara mendukung penurunan angka stunting di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda dalam sambutannya ia mengatakan,kegiatan Gemarikan merupakan Kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas masyarakat mengkonsumsi ikan agar dapat menurunkan angka stunting.

“Ya,untuk menurunkan angka stunting sangat baik itu dan yang diharapkan,dengan kegiatan yang maksimal dan secara rutin memakan ikan setiap hari bisa menurunkan angka stunting bagi masyarakat di Kabupaten Kubu Raya,” ujar Rosalina Muda saat memberikan sambutan kegiatan Gemarikan tersebut.

Rosalina menambahkan,dengan mengkonsumsi ikan akan sangat baik dalam pencegahan gagal tumbuh tubuh dan otak atau stunting dan Ikan dapat menjadi salah satu sumber gizi dan protein.

“Untuk manfaat memakan ikan sangat baik bagi anak- anak,selain tinggi tingkat protein,nutrisinya, penguatan kesehatan dan kecerdasan,tidak hanya makan ikan yang bisa di goreng atau pindang tapi juga bisa diolah dengan cara diabon dan krispi,agar menarik minat anak-anak kita saat makan ikan,” katanya.

Camat Sungai Kakap,Junaidi.S.sos dalam sambutannya ia menyampaikan,kegiatan Gemarikan yang di desa Sungai Itik bisa menjadikan tumbuh kembang anak sehat dan cerdas,supaya bisa motivasi anak- anak agar rajin memakan ikan.

“Kami bersyukur telah ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan Gemarikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya,semoga dengan kegiatan ini kami menambah motivasi bagi anak-anak TK khususnya dan umumnya para pelajar di Kabupaten Kubu Raya,” ucapnya.

Dia berharap,supaya generasi anak-anak kedepannya,selalu rajin memakan ikan, karena banyak manfaat dan protein yang sangat baik.

“Mari kita lakukan makan ikan minimal satu hari sekali, kalau tidak kuat seminggu sekali atau sebulan sekali, agar anak-anak kita menambah kecerdasan dan protein yang berkualitas dan banyak vitamin yang terkandung dalam ikan,” katanya.

Usai kegiatan Ketua Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda kepada sejumlah awak media dia mengatakan
Salah satu kegiatan gemar ikan gerakan Masyarakat makan ikan
di mana kita melibatkan di sini ibu hamil, ibu menyusui, kemudian anak anak PAUD dan duta gendre

Jadi di harapkan dengan kampanye gemar ikan ini tentunya kita ingin menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat kepada orang tua di sini juga ada para guru dan anak anak remaja supaya tau betapa pentingnya makan ikan

Karena ikan itu sumber protein yang sangat tinggi sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan serta daya tahan tubuh jadi dengan mengadakan gerakan Masyarakat makan ikan ini,masyarakat mengerti dan mengonsumsi ikan.

Khusus nya untuk anak anak yang dalam masa pertumbuhan walaupun kita tau ikan sangat baik untuk masa perkembang tubuh anak tetapi untuk orang tua juga sangat baik untuk kesehatan jantung.”Terangnya.

Sebagai istri kepala daerah,istri Bupati,istri Camat,istri kepala desa kita memegang peranan dalam tingkat umum jadi kalau anak 0-6 tahun kita sebagai bunda PAUD kemudian di atas nya lagi ada bunda berlian bersama lindungi anak.

itu ada forum anak kemudian di atas nya lagi duta gendre bunda gendre jadi kita di situ melibatkan anak dari usia 0-24 tahun perempuan laki laki yang belum menikah.

Jadi bagaimana nanti mereka merencanakan masa depannya seperti yang hadir adalah duta gendre kabupaten kubu raya jadi saya ajak juga dalam kegiatan ini.

Supaya nanti mereka di setiap desa bisa membentuk pikir remaja di sana nanti mereka saling diskusi mengadakan berbagai kegiatan yang tentunya menguntungkan bagi mereka sebagai remaja terus sebagai masa depan bangsa.”Tandasnya.

Sementara itu Junaidi Camat Sungai Kakap Usai kegiatan Kepada awak media mengatakan Assalamu’alaikum wr.wb kita hari ini menghadiri acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).”Katanya.

Kegiatan ini di inisiasi Dinas perikanan kabupaten kubu raya agar masyarakat kita tau bahwa gerakan Nasional yang perlu kita dukung dan kita dorong kepada masyarakat acara ini di kombinasi kan dengan gerakan penangan stanting.

Alhamdulillah kegiatan ini di hadiri dengan banyak sekali Ibu ibuk dengan berserta kan anak anak harapan nya nanti kegiatan ini dapat memberikan pemahaman memberikan pengetahuan kepada ibu ibu yang memiliki anak kecil ataupun ibu ibu yang masih proses mengandung

Sehingga nanti memiliki proses pemahaman yang jelas terkait dampak dari makan ikan Itu sendiri itu maksud dan tujuan di laksanakan nya kegiatanGerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)Ini.”Ungkapnya.

Sehingga nanti harapan kita pemahaman terkait dengan fungsi dan guna ikan bisa di pahami oleh ibu sehingga meningkatkan derajat kesehatan anak anak nya termasuk tingkat kesehatan ibu ibu nya saya rasa itu terimakasih assalamu’alaikum wr.wb,”Pungkasnya.(MK/Ismail

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed