by

Kabur Dari Sidang Pengadilan Negeri Bengkayang, Awang Terdakwa Kasus Cabul Anak Bawah Umur Dibekuk TNI dan Polri

Bengkayang, Media Kalbar

Selesai dilakukan sidang pertama di ruang sidang Justisia Pengadilan Negeri Bengkayang Awang langsung dibawa kabur oleh keluarganya dengan sebuah mobil Toyota dengan nomor Polisi KB.1711.EE, Selasa (15/8), hal ini sempat membuat geger.

Kajari Bengkayang Tomy Adhiyaksa Putra melalui Kepala Seksi Pidana Umum Martino Manalu saat di temui di PN Bengkayang mengungkapkan, Bahwa terdakwa Awang memanfaatkan situasi selesai sidang pertama kemudian kabur kearah jalan raya di depan PN Bengkayang dan selanjutnya dibawa kabur oleh beberapa keluarganya.

Atas kejadian tersebut Martino Manalu menyesalkan perbuatan terdakwa beserta keluarganya yang tidak menaati proses hukum yang sedang berjalan.

“Kita sangat menyesalkan, kenapa terdakwa kabur,” ucap Martino Manalu.

Awang terdakwa kasus cabul anak bawah umur sebelumnya di tangkap oleh Polisi karena di dakwa melanggar Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dimana disalah satu pasalnya yaitu pasal 76 D dinyatakan setiap orang dilarang melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau orang lain. Dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp.5 miliar.

Kasus tersebut telah memasuki sidang pertama dengan nomor perkara : 101/Pid.Sus/2023/ PN.Bek dengan Jaksa Penuntut Umum Fitrian Yuristywan, S.H dan Dwi Retnowidrati Yuliana Mokodongan, S.H.

Beberapa saat setelah kabur, terdakwa Awang langsung di buru dan berhasil dilacak keberadaannya oleh Kepolisian dan ternyata kabur dirumahnya yang terletak dijalan Tapang Sentagi Desa Bani Amas Kecamatan Bengkayang oleh jajaran Satreskrim Polres Bengkayang, Personil Kejaksaan Negeri Bengkayang , personil PN Bengkayang yang di backup TNI dari Kompi Senapan C 645/Gardatamayudha.

Dan personil Polres Bengkayang dibawah Pimpinan Wakapolres Kompol Anne Tria Sefyna, Kasat Reskrim IPTU Andika Wahyutomo Putra, Kabag Ops AKP Jami’ad, Polsek Bengkayang IPTU Harto Simanjuntak, Kapolsek Teriak IPTU Bhanu serta beberapa jajaran Polres Bengkayang lainnya dibantu oleh Danramil 01/Bengkayang dan Kompi 645/GTY segera mengepung dan mengisolasi tempat pelarian terdakwa Awang Sumardi alias Awang yang telah dijaga ketat oleh pihak keluarganya.

Selang beberapa jam dilakukan komunikasi dan negosiasi antar keluarga terdakwa dengan pihak Polres Bengkayang serta Kejaksaan Negeri dibantu dari TNI namun tidak tercapai kesepakatan secara baik, akhirnya pada pukul 15.53 Wib terdakwa Awang Sumardi ditangkap paksa dan langsung dibawa menggunakan mobil Polisi dan dikawal ketat di Mapolres Bengkayang.

Waka Polres Bengkayang Kompol Anne Tria Sefyna, S.H, S.I.K, M.H saat di temui di Tempat Kejadian Perkara atau TKP menuturkan, “Kami dari Polres Bengkayang telah berupaya melakukan komunikasi, negosisasi dan memberikan pemahaman terhadap keluarga terdakwa Awang Sumardi, namun persoalan tidak dipahami dengan baik.”

“Karena proses hukum sudah berjalan di PN Bengkayang, harusnya baik terdakwa dan juga keluarganya mematuhi proses hukum dan peradilan yang sedang berlangsung, ini malah usai sidang pertama selesai , terdakwa Awang Sumardi malah dibawa kabur.” Terangnya.

“Jadi, mari patuhi proses hukum yang sedang berjalan dan tetap menjaga kondusifitas kita di Bengkayang,” pungkasnya. (Kur/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed