by

Lampu Hias Sering Padam, Nilai Estetika Jembatan Melano Berkurang

Kayong Utara, Media Kalbar

Lampu hias di Jembatan Melano Kecamatan Simpang Hilir sering padam membuat jembatan yang menghubungkan 3 kecamatan tersebut kurang bernilai estetikanya ketika malam hari.

Jembatan yang memiliki panjang 500 meter itu selama ini selain menjadi urat nadi perekonomian masyarakat setempat juga menjadi tempat favorit anak – anak muda untuk berswafoto karena tempat tersebut dinilai instagramable bagi mereka terutama pada sore hari di saat matahari akan tenggelam.

Selain itu juga, sejak dipasang lampu hias diatas jembatan tersebut membuat jembatan Melano menjadi jembatan yang indah dan menarik ketika di foto pada malam hari. Namun lampu hias itu sering padam sehingga membuat jembatan tersebut terlihat gelap pada malam hari.

“Padahal lampu hias yang berwarna warni tersebut sangat indah jika di lihat dari dekat apalagi dilihat dari jauh,”kata salah satu warga setempat Andi.

Menurutnya, indahnya lampu hias di jembatan Melano seperti jembatan di Kota Pontianak yang selama ini dipertahankan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dan wisatawan yang datang ke ibukota pontianak tersebut.

“Jika kita lihat dari jauh seperti lampu yang bergelantungan di sepanjang sungai tentu sangat indah dan tentu akan membuat kagum pengunjung yang datang dan melihatnya,” kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara Erwan Hidayat mengungkapkan jika pengadaan lampu di jembatan Melano bukanlah di OPD nya namun di Dinas PUPR Kabupaten Kayong Utara sehingga pihaknya saat tidak bisa melakukan kegiatan pemeliharaan.

“Karna saat ini itu merupakan aset PU, kami ndak berani. Kecuali barang itu diserahkan ke Dishub dulu. Karne kami juga ndak tau persis spek lampu yang dipasang seperti ape.

Menurutnya, jika menjadi aset Dinas Perhubungan pihaknya akan melakukan pemeliharaan secara rutin terutama mengganti lampu jika ada kerusakan pada lampu yang telah dipasang tersebut

“Setidaknye kalau udah jadi aset dishub kami tau speknye dan minimal bise direncanakan penganggarannya seperti sparepart untuk perawatan atau pemeliharaannye,”kata dia. (**/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed