by

Desa Pasir Putih di Kalimantan Barat Membutuhkan Perhatian Infrastruktur Yang Mendesak, Masyarakat Berharap Tindakan Cepat dari Pemerintah

Kubu Raya, Media Kalbar

Warga Desa Pasir Putih di Kecamatan Teluk Pakedai,Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, mengalami tantangan serius akibat kurangnya fasilitas infrastruktur.

“Dalam mengatasi masalah ini, masyarakat berharap pemerintah daerah, pemerintah pusat, anggota DPRD kabupaten, DPRD provinsi, dan DPR-RI dapat mendengarkan serta menyalurkan aspirasi mereka desa tersebut.

“Beberapa kebutuhan mendesak yang disoroti termasuk peningkatan perekonomian melalui pelebaran jalan dengan material beton, mengingat akses jalan saat ini sangat sempit dan sulit bagi kendaraan di saat berpapasan.

“Renovasi jembatan yang telah rusak parah yang di bangunan sejak tahun 2004 menjadi hal penting,karena kondisinya yang sudah rusak parah tiang dan lantai nya sudah rapuh dikarenakan sudah dimakan usia sehingga mengkhawatirkan keselamatan warga yang melintas.

“Normalisasi sungai juga menjadi fokus penting,mengingat pendangkalan sungai yang terjadi paska musim hujan berpotensi menyebabkan banjir dan erosi, sementara pada musim kemarau sungai tersebut menjadi dangkal, menghambat petani dan pekebun dalam membawa hasil pertanian dan kebun mereka ke kota untuk dijual.

“Kepala Desa Pasir Putih,Burhan, bersama mantan kepala desa Pasir Putih,saat di temui awak media Kamis(10/2023)di desanya dia mengatakan kami menekankan pentingnya dukungan pemerintah untuk memastikan pembangunan infrastruktur yang lebih baik dan berkelanjutan di wilayah tersebut. Kondisi infrastruktur yang buruk telah menghambat mobilitas dan keselamatan warga.”Katanya.

Dengan mayoritas penduduk desa berprofesi sebagai petani dan pekebun, upaya memperbaiki kondisi infrastruktur di Desa Pasir Putih diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi mereka. Masyarakat sangat mengharapkan tindakan segera dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini.”Harapnya.

Lebih lanjut Burhan menjelaskan Kalau infrastruktur di desa Pasir putih ini memang banyak PR untuk saya salah satunya infrastruktur nya jalan beton yang sudah banyak rusak dan kecil lebar nya volumenya,”Ucapnya.

“Sehingga kalau dua kendaraan sepeda motor berpapasan itu salah satu nya harus ada yang mengalah harus turun kebawah jalan itu salah satunya infrastruktur untuk di desa Pasir Putih.

“Kalau untuk turap seperti yang di belakang kita ini kan sudah banyak contoh dulu awal mulai nya ini parit kita sumbat dengan tanah tanahnya kurang padu di tambah lagi hantaman gelombang air pasang surut nya itu bisa runtuh itu lah PR kami untuk desa pasir putih,”Terangnya.

“Dan impian saya selaku kepala desa pasir Putih berserta masyarakat itu harapan nya supaya kendara roda 4 itu bisa masuk jadi dapat menggotong perekonomi untuk warga kami desa pasir putih
Banyak hasil hasil bumi kami di desa pasir putih ini seperti hortikultura sayur-sayur dan ketahanan pangan juga di sini ada perkebunan, pinang, kelapa,atau kelapa sawit jadi angkutan kami itu melalui air terus karena lewat air ini terhalang apabila air itu surut itu kami susah untuk membawa hasil.”Tandasnya.

“Sedangkan untuk tempat pelabuhan kami bawa itu sudah menunggu kan kami jadi terhambat apabila jalan sudah bagus jadi perekonomian kami pun jadi meningkat harapan kami Pemerintah desa pasir putih terutama pihak pihak seperti dewan DPRD, RI, atau Pusat bisa kira nya mengalokasikan aspirasi nya ke desa pasir putih,”Pungkasnya.(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed