by

Bupati Sambas Hadiri Rapat Evaluasi Pelaksanaan Satgas Covid-19 Wilayah Perbatasan

Sambas, Media Kalbar

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc. Menghadiri rapat evaluasi pelaksanaan satuan tugas covid 19 yang di gelar oleh Komando Daerah Militer XII Tanjung Pura di wilayah perbatasan. Senin,(19/4/21)

Rapat Evaluasi digelar secara dalam jaringan atau virtual meeting dengan subsatgas di Kabupaten. Dan di ikuti 4 kabupaten untuk mengikuti rapat evaluasi, diantaranya Kabupaten Sambas, kabupaten Sanggau, kabupaten Kapuas Hulu dan kabupaten Bengkayang.

Rapat Evaluasi dipimpin langsung Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayjend TNI Muhammad Nur Rahmad. Dari Sub Satuan Tugas Kabupaten Sambas, diikuti langsung Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili, Lc. MH, Dandim 1208 Sambas, Letkol (Inf) Setyo Budiyono, Kadis Kesehatan Sambas, dr. H. Fatah M, dan Wakapolres Sambas, Kompol Raden Ricky Pratidiningrat.

Danrem 121 Alambhana Wanawai, Brigadir Jenderal TNI Ronny memaparkan dalam laporannya untuk Kabupaten Sambas melalui jalur Aruk dari tanggal 23 Maret 2021 hingga 18 April 2021 didapati 3.083 orang pelintas di jalur resmi dan 285 orang pelintas di jalur tidak resmi.

Danrem juga mengatakan Untuk yang telah diambil sampel swabs PCR sebanyak 3.379 orang pelintas, dengan hasil 30 orang pelintas terkonfirmasi dan 2.900 orang pelintas hasilnya negatif.

” Terkait pelintas yang telah dipulangkan mencapai 2.437 orang. Sebaran karantina yakni sebanyak 129 orang di Wisma Indonesia, 545 orang di Asrama Diklat BKPSDMAD Sambas, 22 orang di Rumah Sakit Pratama dan 6 orang di RSUD Sambas.” ungkap nya

Danrem juga menyebutkan beberapa isu strategis mengenai kondisi penanganan Covid di Perbatasan. Untuk Aruk, disebutkan Danrem diantaranya belum tersedia ruang Isolasi khusus untuk pelintas terkonfirmasi, pengantaran sampel masih belum menggunakan kendaraan khusus.

Hasil evaluasi, disebutkan diperlukan tambahan layanan Swabs PCR, untuk Sambas, Laboratorium RSUD yang ada dapat ditingkatkan menjadi Lab Swabs PCR BSL-2 khusus untuk melayani Pelintas PMI. Selain itu, saran penambahan reagen dan APD untuk petugas.

Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili. Bupati mengatakan kehadiran Lab PCR di Kab Sambas, akan sangat membantu dan mempermudah pelayanan bagi para pelintas.

“Hadirnya Lab PCR nantinya, dipastikan akan semakin memudahkan pelayanan bagi para pelintas, pengawasan semakin mudah dan cepat. Hasil pemeriksaan dapat kita ketahui lebihcepat,” tutur Bupati.

Menindaklanjuti hasil rapat evaluasi bersama Pangdam tersebut, Bupati
telah mengarahkan tim satuan tugas covid-19 Kabupaten terutama dinas kesehatan mengambil langkah strategis, cepat dan tepat. “Termasuk persiapan-persiapan hadirnya Lab PCR di Kab Sambas.” jelas nya.

Komandan Kodim 1208 Sambas, Letkol ( Inf ) Setyo Budiyono, mengatakan hasil rapat evaluasi dengan Pangdam selaku Ketua Satgas Covid Perbatasan, ada beberapa arahan penting. “Menyikapi ramadhan dan idul fitri, arahan pangdam, pengawasan agar semakin ditingkatkan, Satgas di batas diminta lebih maksimal lagi, mengedepankan sikap humanis melayani pelintas,” ujar Dandim.

Dikemukakan Setyo, hasil evaluasi pelayanan pelintas di batas negara, Sambas diperlukan
Laboratorium PCR khusus melayani PMI atau Pekerja Migran Indonesia.

Kata Dandim, keberadaan laboratorium PCR tersebut guna memberikan kecepatan dan ketepatan pemeriksaan hasil swabs test PMI.

“Tentunya semakin memudahkan pelayanan bagi para pelintas, hasil PCRnya bisa lebih cepat keluar, sehingga kita bisa optimal melayani mereka,” ungkap Dandim.(urai rudi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed